Polisi Bantu Evakuasi Ibu dan Anak ke Puskesmas Labuan Bajo

Polisi Bantu Evakuasi Ibu dan Anak ke Puskesmas Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepolisian Resor Manggarai Barat membantu dan mengevakuasi seorang ibu muda yang melahirkan di Puskesmas pembantu (Pustu) di Pulau Rinca menuju Puskesmas Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis (14/09/2023) dini hari sekira pukul 00.30 Wita.

Ibu muda itu bernama Ratih Afrianita (27) berasal dari Pulau Rinca, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kasat Polairud, AKP I Wayan Merta saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

"Pada Rabu (13/09) sekitar pukul 22.30 Wita, kami mendapat informasi dari masyarakat Pulau Rinca bahwa seorang pasien ibu hamil yang telah ditangani pihak medis membutuhkan bantuan untuk dievakuasi ke Labuan Bajo karena mengalami tekanan darah tinggi (160/100 mmhg)," ucap Kasat Polairud, Kamis (14/09/2023) siang.

Pelayanan kesehatan dari Pustu Pulau Rinca menuju Puskesmas Labuan Bajo terkendala karena tidak ada kapal yang memadai untuk mengangkut pasien tersebut.

"Dengan adanya informasi seperti itu, saya berkoordinasi dengan rekan-rekan dari Ditpolairud Marnit Labuan Bajo bersama Satuan Pam Obvit Polres Manggarai Barat untuk bersama-sama menjemput ibu hamil itu," ungkap AKP Wayan.

Kurang lebih 40 menit pelayaran, Kapal Polairud berjenis Rigid Inflatable Boats ( RIB ) tiba di Pulau Rinca. Namun, kurang lebih 2 menit sebelum kapal tersebut sampai, ibu muda itu telah melahirkan seorang bayi laki-laki.

"Tidak menunggu waktu lama ibu muda bersama bayinya langsung dievakuasi menuju Labuan Bajo dengan didampingi oleh 2 tenaga medis dari Pustu Pulau Rinca dan petugas kepolisian," jelas Perwira berpangkat AKP itu.

Lanjut, Mantan Kasi Propam itu menambahkan bahwa dengan adanya tindakan cepat dari petugas kepolisian bersama petugas Puskesmas membantu dalam penanganan, sehingga nyawa ibu dan anak yang baru lahir tersebut dapat terselamatkan.

"Sekira pukul 01.30 Wita, pasien tersebut tiba di Pelabuhan Marina Labuan Bajo dalam keadaan selamat, selanjutnya langsung dijemput mobil ambulance menuju Puskesmas Labuan Bajo," tuturnya.

"Saat ini Ibu dan anaknya sudah ditangani pihak Puskesmas dan kondisinya sudah membaik," tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa dengan adanya kejadian tersebut, menunjukkan bahwa kehadiran Polri tidak hanya sebagai pengaman kamtibmas atau penegak hukum, namun juga merupakan pelayan masyarakat.

"Polri bukan saja berfungsi sebagai penegak hukum namun juga merupakan pelayan masyarakat. Tugas-tugas kemanusiaan seperti itu wajib pula dilaksanakan," pungkasnya.**#