Warga Kota Labuan Bajo Keluhkan Knalpot Brong, Polisi Segera Tindak

Warga Kota Labuan Bajo Keluhkan Knalpot Brong, Polisi Segera Tindak

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Warga di kawasan destinasi pariwisata super premium Labuan Bajo, mengaku terganggu suara berisik dari suara knalpot racing atau sering dikenal knalpot brong yang digunakan remaja di sepeda motor.

Hal tersebut membuat warga resah karena selain bising juga mengganggu ketenangan. Keluhan tersebut disampaikan masyarakat melalui agenda Jumat Curhat Polres Manggarai Barat yang berlangsung di salah satu rumah warga di RT. 007, Waemata, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, NTT, Jumat (15/09/2023) siang.

Dalam pertemuan santai dan akrab itu, salah seorang warga Waemata, Karel mengatakan, suara knalpot racing membuat kenyamanan dan ketertiban lingkungan terganggu. Apalagi, pengendara sengaja memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi, sehingga membuat suasana semakin bising.

"Kalau saya dengar suara knalpot seperti itu, aktifitas dan konsentrasi kerja saya menjadi terganggu, apalagi saat jam istirahat atau jam tidur. Kalangan remaja itu sering kali memainkan gas motornya, seakan-akan seluruh jalan itu milik mereka sendiri," keluhnya kepada petugas kepolisian.

Sambungnya, semestinya mereka harus beretika dalam berkendaraan, apalagi suara knalpot yang sangat keras, membuat pendengaran menjadi pekak dan terganggu.

"Kita berharap kepolisian segera memberikan tindakan penertiban kepada pemakai knalpot racing yang sangat meresahkan dan mengganggu pengguna jalan," pintanya.

Menyikapi keluhan tersebut, Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kasat Binmas, AKP Muhammad Yakub mengaku akan segera menindaklanjuti keluhan yang warga Waemata ini.

"Ya, kita akan meningkatkan giat patroli khususnya pada jam-jam malam sebagai antisipasi anak-anak remaja mengendarai sepeda motor dengan laju dan sekaligus menertibkan knalpot-knalpot racing yang tidak SNI," kata Perwira berpangkat Ajun Komisaris Polisi itu.

Lebih lanjut, Mantan Kapolsek Komodo itu juga menjelaskan bahwa keluhan ini akan disampaikan kepada Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai Barat.

Kasat Lantas akan mengambil langkah-langkah patroli di wilayah kota Labuan Bajo dan sekitarnya khususnya di Dusun Waemata untuk mengatasi masalah ini.

"Kami juga akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan Kasat Lantas untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait knalpot racing ini. Selain itu, kita juga akan terus memberikan imbauan kepada warga yang menggunakan knalpot tersebut," jelas Kasat Binmas.

Diakhir kegiatan, AKP Muhammad Yakub menghimbau masyarakat untuk tidak sungkan melaporkan/ mengadukan permasalahan ke Polres Manggarai Barat baik melalui Bhabinkamtibmas ataupun Call Center Polri 110.

"Kepada warga kiranya tidak perlu sungkan melaporkan setiap permasalahan di lingkungan tempat tinggal, apalagi terkait masalah gangguan Kamtibmas. Kami akan segera menindaklanjuti dengan melakukan patroli ke tempat yang rawan terjadinya gangguan kamtibmas," imbuhnya.**#