Personil Gabungan Amankan Ibadah Jumat Agung di Labuan Bajo

Personil Gabungan Amankan Ibadah Jumat Agung di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepolisian Resor Manggarai Barat bersama Kodim 1612/Manggarai, Sat Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo dan Pemda Mabar berjaga di setiap gereja di Kota Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT untuk memberi rasa aman kepada semua jemaat Kristiani yang turut dalam kebaktian dan misa Jumat Agung.

"Hal ini upaya Polri dan TNI dalam memberikan rasa aman kepada umat Kristiani saat melakukan kebaktian dan misa di gereja," kata Kapolres Mabar, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si. melalui Kasi Humas, IPTU Eka Darma Yuda, Jumat (07/04/2023) pagi.

Di Manggarai Barat, wilayah yang terdapat gereja cukup banyak adalah di kota Labuan Bajo, di antaranya Gereja Katholik Roh Kudus Labuan Bajo, yang melaksanakan tiga kali misa, yaitu pada pukul 11.00 Wita, pukul 14.00 Wita dan pukul 17.00 Wita.

"Di wilayah kota Labuan Bajo ada 10 gereja, baik Gereja Katholik (Paroki dan Stasi) maupun Gereja Protestan. Kami sudah monitor semua untuk kebaktian dan misanya, mulai Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu dan di setiap gereja tersebut sudah ditempatkan beberapa personil," kata dia.

"Silakan umat Kristiani melaksanakan kegiatan dengan khidmat karena kami dari TNI-Polri serta dari pemerintah sendiri sudah melaksanakan kegiatan pengamanan di gereja masing-masing dan warga untuk mendukung dalam kebaktian dan misa," imbaunya.

Rangkaian Perayaan Paskah dilaksanakan mulai tanggal 6 April sampai dengan tanggal 9 April 2023, jajaran Polres Manggarai Barat telah menyiapkan para personelnya untuk turun langsung menjaga ratusan gereja yang tersebar di seluruh Kabupaten Manggarai Barat.

IPTU Eka Darma Yuda juga mengatakan di Kabupaten Manggarai Barat terdapat 103 gereja di seluruh wilayah yang akan merayakan rangkaian kebaktian dan misa memperingati Wafatnya Yesus Kristus (Isa Al-Masih) pada perayaan Jumat Agung dan perayaan Minggu Paskah pada Minggu.

"Jumlah personel gabungan yang dilibatkan sebanyak 1.000 orang, terdiri dari personel Polres Manggarai Barat, dibantu personil Brimob, personel gabungan TNI dan instansi lain serta didukung petugas keamanan dari internal masing-masing gereja," katanya.

Dia mengatakan para petugas itu diturunkan untuk menjaga dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani selama Pekan Suci Paskah ini (Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Minggu Paskah).**#