Menyambut Paskah, Polisi Perketat Keamanan Gereja di Labuan Bajo

Menyambut Paskah, Polisi Perketat Keamanan Gereja di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Menjelang Hari Raya Paskah tahun 2023, Kepolisian Resor Manggarai Barat memperketat pengamanan di gereja-gereja guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Kegiatan tersebut dalam rangka menjamin keamanan umat dan jemaat Kristiani dalam menjalankan kegiatan ibadah di masa Perayaan Paskah, yang dimulai dari Kamis Putih, Jumat Agung hingga Minggu Paskah.

"Polres Mabar memperketat pengamanan wilayah dan gereja-gereja menjelang Pekan Suci Paskah tahun ini guna memberikan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat," kata Kapolres Mabar, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si. melalui Kasi Humas, IPTU Eka Darma Yuda, Kamis (06/04/2023) pagi.

Perwira dengan balok dua dipundaknya itu menjelaskan, ada sekitar 103 gereja, baik Gereja Katholik (Paroki dan Stasi) maupun Gereja Protestan, yang ada di wilayah Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Gereja - gereja tersebut, dipastikan akan mendapat pengamanan personel gabungan dari Polres Manggarai Barat, Sat Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo dan Kodim 1612/Manggarai.

"200 personel dari Brimob, Polres dan Polsek jajaran untuk melaksanakan penjagaan di rumah-rumah ibadah dan patroli wilayah. Belum ditambah petugas TNI dan Pemda Mabar," jelasnya.

Selain memperketat pengamanan wilayah dan gereja menjelang ibadah Tri Hari Suci bagi umat Kristiani, pihaknya juga akan mengawasi sejumlah objek vital dan tempat-tempat keramaian yang ada di kawasan Destinasi Pariwisata Super Premium Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan kegiatan sterilisasi di sejumlah gereja yang ada di Kota Labuan Bajo.

"Sebagai antisipasi kami juga akan melakukan sterilisasi gereja sebagai pemenuhan standar operasional prosedur yang harus dilaksanakan oleh Kepolisian untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kondusif kepada warga yang sedang menunaikan ibadah," katanya.

Kasi Humas mengatakan bahwa personel yang bertugas akan memakai atribut dan peralatan yang lengkap.

Petugas juga akan menyisir seluruh sudut ruangan gereja dan lingkungan sekitar untuk memastikan tidak ada benda yang membahayakan.

"Hal itu dalam rangka memberikan jaminan keamanan kepada warga yang menjalankan kegiatan ibadah. Kami bersama TNI, Satpol PP, dan Dishub serta instansi terkait lainnya berupaya untuk menjaga keamanan warga Manggarai Barat dan akan memberikan pengawalan dan pengamanan penuh di setiap kegiatan ibadah di gereja pada masa Paskah ini," ungkapnya.

IPTU Eka Darma Yuda menegaskan bahwa pihaknya akan mengintensifkan pelaksanaan patroli baik pagi, siang, sore, maupun malam hari.

"Sebagai bagian dari pengetatan pengamanan kami akan mengintensifkan kegiatan patroli. Selain itu, juga akan mengerahkan personel dengan bersenjata lengkap," ujar Kasi Humas.

Kendati demikian, dia mengajak seluruh masyarakat Manggarai Barat agar bersama-sama menjaga keamanan di daerah ini.

"Mari bersama menjaga keamanan wilayah di lingkungan masing-masing karena tugas menjaga keamanan merupakan kewajiban semua pihak, instansi, dan seluruh elemen masyarakat," pungkasnya.**#