Pemilu 2024, Polisi Akan Mengamankan 900 TPS di Seluruh Kabupaten Manggarai Barat

Pemilu 2024, Polisi Akan Mengamankan 900 TPS di Seluruh Kabupaten Manggarai Barat

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Sebanyak 450 personil kepolisian akan melaksanakan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang di Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Petugas kepolisian dari Polres Manggarai Barat sebanyak 350 personil dan dari bawah kendali operasi (BKO) Polda NTT sebanyak 100 personil.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. mengatakan personil pengamanan akan dibagi untuk mengamankan 900 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Manggarai Barat dan ada yang melaksanakan patroli di daerah yang dianggap rawan terjadinya gangguan kamtibmas.

Saat ini, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polres Manggarai Barat masih terpantau aman.

"Situasi Kamtibmas di Manggarai Barat secara umum masih kondusif, relatif aman dan sejuk. Tidak ada riak-riak. Kalau tindak pidana, satu dua
laporan ada dan kami tangani," kata Kapolres Mabar saat dikonfirmasi pada Selasa (06/02/2024) pagi.

"Untuk kesiapan kami dalam menghadapi Pemilu tanggal 14 Februari mendatang, kami sudah melakukan persiapan di masing-masing TPS, ada 900 TPS. Personel yang dilibatkan sebanyak 450 orang," tambahnya. 

Setiap TPS ada yang diamankan oleh satu orang personel dan ada yang diamankan oleh dua orang personel tetapi ada juga yang diamankan oleh dua sampai tiga orang dibantu Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Ada tiga klasifikasi pada setiap TPS yaitu pertama kurang rawan, kedua rawan dan ketiga sangat rawan.

"Sangat rawan ada dua TPS di Mabar. Sedangkan rawan ada 90 TPS, sisanya kurang rawan," ungkap ajun komisaris besar polisi itu.

Dalam menjaga agar tetap terus kondusif dan tidak terjadi praktek-praktek ilegal berkaitan dengan Pemilu, pihaknya melakukan sosialisasi sambil berkoordinasi dengan KPU serta Bawaslu berkaitan dengan pengawasan karena kepolisian juga termasuk dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

"Kami minta masyarakat untuk tetap menjaga kamtibmas serta tidak terprovokasi isu apapun menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang. Mudah-mudahan semuanya berjalan dengan aman, lancar dan sukses," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Manggarai Barat, Frans Partono menyampaikan bahwa situasi Kamtibmas di Mabar kondusif.

"Sesuai dengan hasil pantauan dan berdasarkan koordinasi, situasi sampai dengan saat ini relatif kondusif," kata Frans.

Pihaknya terus memantau dan berkoordinasi untuk memastikan situasi Kamtibmas tetap berlangsung kondusif.**#