Peduli Stunting, Kapolres dan Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Mabar Bagikan Sembako

Peduli Stunting, Kapolres dan Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Mabar Bagikan Sembako

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo, Dalam upaya mendorong percepatan penurunan angka Stunting di bumi Flobamora, Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum. mencetuskan sebuah program bernama GOTAS yang merupakan singkatan dari Gerakan Orang Tua Asuh Anak Stunting dengan motto "Dari NTT, Gerakan Orang Tua Anak Stunting Untuk Indonesia."

Untuk mengimplementasikan program tersebut, Kapolres Manggarai Barat didampingi Ketua Pengurus Cabang Bhayangkari Manggarai Barat melaksanakan aksi Peduli kepada Kesehatan masyarakat khususnya Ibu Hamil dan Balita dengan menyalurkan bantuan berupa Uang Tunai, Sembako dan Nutrisi (makanan sehat) di Aula Kemala Bhayangkari Polres Manggarai Barat, Rabu (15/03/2023) Pagi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo bahwasannya Polri ditugaskan untuk membantu pemerintah dalam upaya pencegahan Stunting.

Stunting adalah suatu masalah yang menghantui masyarakat akhir-akhir ini, sebab pertumbuhan dan perkembangan anak mengalami gangguan akibat kekurangan gizi kronis, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

Ketua Bhayangkari Cabang Manggarai Barat, Ny. Ecie Felli Hermanto menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut adalah wujud nyata Polri dalam hal ini Bhayangkari untuk mendukung program pemerintah terkait percepatan penurunan angka Stunting.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Sosialisasi dan Pencanangan Program Orang Tua Asuh Anak Stunting Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah NTT ini dalam rangka Hari Ulang Tahun Yayasan Kemala Bhayangkari Tahun 2023. Dalam sosialisasi ini juga diberikan edukasi kepada keluarga tentang pola asuh yang baik, cara memberi makan yang baik dan pengetahuan tentang gizi.

"Sudah menjadi kewajiban kita semua tidak saja orang tua dalam memperhatikan Stunting di sekitar kita," ujar Ketua Bhayangkari

"Apa yang bisa kita kerjakan lakukan saja untuk kebaikan si anak, jangan tunggu uluran tangan. Mari kita saling peduli pada tumbuh kembang generasi kita tanpa pamrih untuk Indonesia kuat dan Indonesia pulih kembali," ungkap Ny. Ecie Felli Hermanto.

Selain melaksanakan sosialisasi dan pemberian nutrisi kepada Bumil dan Balita, Pengurus Cabang Bhayangkari juga memberikan bingkisan berupa Uang Tunai, Sembako dan Nutrisi kepada para Ibu Hamil dan orang tua Balita.

"Semoga dengan kegiatan tersebut dapat bermanfaat dan sebagai upaya bersama dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat, pencegahan stunting juga akan maksimal apabila didukung dengan pola hidup bersih dari diri sendiri maupun lingkungan, serta nutrisi yang baik untuk perkembangan pertumbuhan anak-anak," harapnya.

Sementara Kapolres Mabar, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si. mengatakan, kegiatan ini juga sebagai implementasi komitmen jajarannya untuk mendukung program pengentasan Stunting khususnya di Kabupaten Manggarai Barat.

"Sudah kita instruksikan pada para Kapolsek hingga ke Bhabinkamtibmas untuk mendukung program peduli Stunting tersebut. Dalam upaya mengindentifikasi anak yang mengalami Stunting, kami juga dibantu oleh tim kesehatan, Desa dan Kelurahan," jelasnya.

Alumni Akpol angkatan 2000 itu, berharap dengan bantuan yang diberikan dapat menambah gizi Ibu Hamil dan anak-anak sehingga dapat mencegahnya dari Stunting.

"Semoga kegiatan ini dapat menjadikan angka Stunting di Kabupaten Manggarai Barat menurun," terang Kapolres Mabar.**#