Peduli Bencana, Polres Mabar Berikan Bantuan Untuk Korban Puting Beliung Manggarai Barat

Peduli Bencana, Polres Mabar Berikan Bantuan Untuk Korban Puting Beliung Manggarai Barat

Tribratanewsmanggaraibarat.com -Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono S.IK, M.Si bersama rombongan Polres Manggarai Barat (Mabar) tinjau lokasi Bencana Puting Beliung di Kampung Terang, Desa Golo Sepang, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar). Senin, (19/11/18) Kemarin.

Tampak hadir bersama rombongan Kasat Binmas Polres Mabar Iptu Siprianus Naro, Kasat Intelkam Polres Mabar Iptu Cakra Mudra, SIP, Wadanki Brimob Sub Den 4 Detasemen B Pelopor labuan Bajo Ipda. Kornelis A, Kapolsek Komodo Ipda Royke Weridity, KBO Sat Sabhara Polres Mabar Ipda Eka Darmayudha, berserta Puluhan Personil Gabungan Polres Mabar, Brimob Sub Den 4 Detasemen B Pelopor Labuan Bajo, SatPol-PP Mabar dan Koramil 16 12 Labuan bajo yang dipimpin Pelda Abrao.

Setiba di lokasi, Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowardono S.IK, M.Si didampingi Kepala Desa Golo Sepang Jamarudin, S.pdi dan Kepala BPBD Mabar Ir. Dominikus Hawan, MM langsung meninjau kondisi rumah-rumah yang rusak akibat hempasan angin puting beliung.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres juga berdialog dengan para korban yang berkumpul tak jauh dari titik lokasi bencana.

Ia mengingatkan kepada semua warga untuk tetap waspada dan mengamankan barang berharga seperti surat-sura tanah, akta lahir, dan surat berharga lainnya.

“Saya pribadi dan mewakili kepolisian manggarai barat menyampaikan rasa prihatin yang sedalam-dalamnya kepada warga yang ada disini,” ujar Kapolres

“Untuk bapak ibu yang berkumpul disini agar tetap waspada dan sabar. Kemudian jika ada surat-surat berharga untuk segera diamankan atau mungkin bisa dititipkan sementara kepada pihak kepolisian terdekat sehingga bisa tersimpan secara aman,” lanjutnya

Sementara itu, dilokasi yang sama, gabungan personil Polres Mabar, Brimob, Koramil 16 12 Labuan Bajo, Satpol-PP Mabar berserta masyarakat sibuk membersihkan sisa-sisa reruntuhan bangunan dan pohon tumbang yang sempat menghalangi jalan.

Dokumentasi Humas Polres Mabar

Diketahui, angin puting beliung tersebut terjadi sekitar Pukul 16.30 Wita, Minggu (18/11/18) Kemarin. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana ini dan diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta.

Menurut keterangan Kepala Desa Golo Sepang, dari 115 rumah, 47 rumah diantaranya rusak berat, 68 rusak ringan hingga sedang. Akibatnya, sebanyak 509 jiwa terpaksa harus mengungsi di rumah keluarganya.

Dalam kunjungan tersebut, Pihak Polres Mabar turut mendirikan tenda bantuan dan memberikan sejumlah bantuan sembako untuk korban bencana. Bantuan tersebut berupa 400 Kg beras, 80 Pack mi instan, 80 Kg gula pasir, dan 80 botol minyak goreng.

Sampai saat berita ini ditayangkan, sejumlah warga terpantau masih melakukan perbaikan dan memungut kembali puing-puing reruntuhan rumah untuk dipergunakan kembali.