Pantau Langsung, Kapolres Manggarai Barat Bersama Forkopimda Tinjau Lokasi Kebakaran Ratusan Kios Pasar Lembor

Pantau Langsung, Kapolres Manggarai Barat Bersama Forkopimda Tinjau Lokasi Kebakaran Ratusan Kios Pasar Lembor

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. bersama Bupati Mabar Edistasius Endi, S.E. dan unsur Forkopimda tinjau langsung lokasi kebakaran ratusan lapak pedagang di Pasar Lembor, Kelurahan Tangge, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (05/03/2021) sekitar pukul 04.30 Wita

Kedatangan mereka pada Jumat (05/03/2021) sekitar pukul 14.30 Wita yang didampingi para OPD terkait untuk melihat secara langsung kondisi para korban dan warga sekitar pasca kebakaran pasar tersebut.

Dalam kunjungannya, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. mengatakan bahwa TNI-Polri bersama Forkopimda hadir, menunjukan bahwa Negara hadir untuk membantu masyarakat yang terkena musibah kebakaran Pasar Lembor

"Saya Kapolres Manggarai Barat bersama TNI-Polri dan Forkopimda hadir disini menunjukan bahwa Pemerintah peduli terhadap musibah yang dialami masyarakat, sekaligus saya mengucapkan turut prihatin atas musibah kebakaran yang terjadi," ucap AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. saat meninjau lokasi kebakaran.

Untuk mengetahui penyebab kebakaran, Tim Inafis Sat Reskrim Polres Manggarai Barat sudah melakukan pemeriksaan, dan akan terus lakukan penyelidikan untuk menemukan penyebab kebakaran itu.
  
"Kami dari pihak Kepolisian telah mengambil langkah–langkah penyelidikan dan telah melakukan pemeriksaan terhadap para saksi, perihal kejadian kebakaran ini tentu akan kami tindaklanjuti sesuai hukum dan aturan yang berlaku agar kejadian serupa tidak terjadi kembali, sekaligus sebagai efek jera bagi pelaku dan penyebab terjadinya kebakaran ini," katanya.

“Tentunya UU telah mengatur hal itu, pada pasal 188 KUHP, seseorang yang melakukan pembakaran dengan sengaja serta merugikan harta bahkan nyawa orang lain diancam dengan hukuman 5 tahun penjara,” tambah Kapolres.

"Kedepan kami akan selalau berkordinasi dengan Pemerintah Daerah ataupun Dinas terkait yang ada untuk bisa menetukan langkah–langah mengantisipasi terjadinya kejadian seperti hari ini," jelasnya.

Selain itu, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan semua unsur yang telah berupaya untuk membantu masyarakat terdampak kebakaran Pasar Lembor.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat yang walaupun baru dilantik Bapak Bupati Edistasius Endi, S.E., telah melakukan kerja nyata turun langsung meninjau lokasi TKP kebakaran ini, hal tersebut membuktikan bahwa Pemerintah dan Forkopimda peduli terhadap masalah yang dihadapi masyarakat, dan dalam rangka mewujudkan Labuan Bajo ibukota Kabupaten Manggarai Barat ini sebagai lokasi Kawasan Wisata Super Premium tentunya kami akan selalu bersinergi bahu–membahu bersama–sama memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai tupoksi kami masing–masing," ujarnya.

Selanjutnya, Perwira dengan pangkat dua bunga dipundaknya ini menjelaskan bahwa kebakaran merupakan bencana yang lebih banyak disebabkan oleh kelalaian manusia (human error) dengan dampak kerugian harta benda, stagnasi atau terhentinya usaha, terhambatnya perekonomian dan pemerintahan bahkan korban jiwa. 

"Untuk menghindari terjadinya bencana diperlukan pemahaman akan pentingnya mencegah hal-hal yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana kebakaran, antara lain menyiapkan fasilitas pemadam kebakaran baik yang bersifat personal (tabung kecil yang dapat diletakkan di tempat usaha maupun rumah, Damkar di lokasi–lokasi strategis yang dapat segera memadamkan api bila skalanya besar, selalu mengecek kondisi instalasi listrik agar selalu dalam kondisi baik, tidak membiarkan Charger HP tetap terpasang tanpa HP karena hal ini dapat menimbulkan konsleting yang pada akhirnya juga dapat menimbulkan bahaya kebakaran, tidak membiarkan kompor menyala tanpa ada yang mengawasi, tidak membakar sampah di lokasi yang dekat dengan barang–barang yang mudah terbakar, menyediakan fasilitas air hidrant dan fasilitas jaringan pipa air anti kebakaran yang otomatis menyala bila ada api yang tidak seharusnya berada pada lokasi tersebut," imbau Kapolres.

Dalam kesempatan ini, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, S.E. juga memberikan bantuan berupa uang tunai yang diterima langsung oleh Camat Lembor, dengan harapan agar dapat dimanfaatkan sebaik–baiknya bagi kepentingan masyarakat yang terdampak musibah kebakaran ini.

Selesai melakukan peninjauan TKP (Tempat Kejadian Perkara) Kebakaran, Kapolres Manggarai Barat melanjutkan kegiatan sidak ke Polsek Lembor sekaligus mengecek kondisi mako serta kesiapsiagaan personil Polsek Lembor dilanjutkan memberikan arahan terkait atensi Kapolri dan pimpinan agar benar–benar dipedomani dan dilaksanakan oleh jajaran Polres Manggarai Barat hingga ke tingkat Polsek jajaran sebagai ujung tombak lini terdepan pelayanan Kepolisian di masyarakat di tingkat Kecamatan.

Turut hadir di lokasi kebakaran, Ketua DPRD Mabar Martinus Mitar, Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav. Ivan Alfa, S.Sos., perwakilan dari Kejari Mabar, Camat Lembor Pius Baut, Kapolsek Lembor AKP Abdul Malik, S.H., sejumlah pimpinan OPD, para korban kebakaran, dan masyarakat setempat serta personil gabungan dari Polsek Lembor dan Koramil 1612-06/Lembor. *[RS]*