Tanggapi Keluhan Masyarakat, Polisi Gencar Patroli Malam di Labuan Bajo

Tanggapi Keluhan Masyarakat, Polisi Gencar Patroli Malam di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat menggelar patroli skala besar pada Sabtu (03/08/2024) malam. Kegiatan itu dilakukan untuk memastikan malam minggu di wilayah destinasi pariwisata super premium Labuan Bajo itu berlangsung kondusif.

Patroli skala besar ini dipimpin langsung oleh Wakapolres Mabar, Kompol Libartino Silaban, S.H., S.I.K. dan diikuti puluhan personil Polres Manggarai Barat.

Dalam patroli tersebut, pihak kepolisian menyisir tempat-tempat yang dianggap rawan terjadi tindak pidana kejahatan hingga tempat-tempat yang jadi tongkrongan anak muda.

"Kegiatan patroli ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Labuan Bajo, Manggarai Barat sekaligus menanggapi berbagai keluhan masyarakat terkait gangguan Kamtibmas di kota ini," kata Wakapolres Mabar pada Minggu (04/08/2024) siang.

Dirinya juga mengatakan, setiap hari pihaknya menggelar patroli skala sedang. Untuk akhir pekan ini dilaksanakan patroli skala besar melihat aktivitas masyarakat yang meningkat

"Di malam akhir pekan ini kami melaksanakan patroli skala besar, di mana aktivitas masyarakat semakin meningkat. Hal ini juga mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas maupun kejahatan jalanan," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa malam minggu atau malam menjelang hari libur sering dijadikan waktu berkumpul oleh kelompok remaja, hal ini berpotensi menimbulkan tawuran atau aksi kriminalitas lainnya.

Sehingga, kegiatan patroli ini sebagai langkah untuk pencegahan secara dini agar masyarakat dalam melaksanakan aktivitasnya merasa aman dan nyaman

"Tak hanya itu saja, kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat yang berada di pusat keramaian untuk selalu berhati-hati saat beraktivitas pada malam hari," jelas Mantan Kasat Reskrim Polres Mabar itu.

Ditambahkannya dalam patroli skala besar ini, petugas kepolisian berpatroli menyisir jalan raya, area Puncak Waringin, area Waterfront City, area Kampung Air, komplek pertokoan hingga pemukiman warga untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas.

"Patroli yang kita laksanakan kita prioritaskan tempat yang menjadi titik kumpul masyarakat (pusat keramaian) maupun wilayah yang rawan terjadinya aksi kriminalitas," ungkapnya.

Adapun hasil patroli menunjukkan bahwa situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Manggarai Barat sampai saat ini dalam keadaan aman terkendali.

Pihak kepolisian juga mengajak warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. 

"Mari bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dilingkungan masing-masing," pungkasnya.**#