Polres Mabar Terjunkan 110 Personil, Amankan Aksi Demo Penolakan Kenaikan Tiket di Kawasan TNK

Polres Mabar Terjunkan 110 Personil, Amankan Aksi Demo Penolakan Kenaikan Tiket di Kawasan TNK

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepolisian Resor Manggarai Barat (Polres Mabar) menerjunkan 110 personil untuk melaksanakan pengamanan aksi demo penolakan kenaikan harga tiket di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) oleh kelompok masyarakat yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Pariwisata (Formapp) Manggarai Barat, pada Senin (22/7/2022). 

Kapolres Mabar AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M. Si melalui Kasi Humas Iptu Eka Dharma Yudha mengungkapkan Polres Mabar lakukan pengamanan dengan kekuatan penuh. 

”Untuk kekuatan pengamanan totalnya 110 personel itu terdiri dari pada kekuatan Polri, namun ada juga personil dari TNI dan Polisi Pamong Praja” ujar Kasi Humas Polres Mabar. 


Diberitakan, Polres Manggarai Barat telah menerima surat pemberitahuan dari Formapp, Rabu 13 Juli 2022.

“ Kita sudah Terima surat pemberitahuan, namun kita tidak keluarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) karena adanya beberapa persyaratan yang tidak di penuhi oleh pemohon,” Ujar Iptu Eka.

Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Formapp terdiri dari pelaku pariwisata yang diantaranya, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Asosiasi Kapal Wisata (Askawai), Persatuan Penyelam Profesional Komodo (P3KOM),  Gabungan Pengusaha Wisata Bahari dan Tirta (GAHAWISRI) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Himpunan Peramuwisata InfonesiaInfonesia (HPI),Asosiasi Travel Agen Infonesia atau Astindo dan Asosiasi Angkutan Wisata Darat (AWASTAR) Labuan Bajo, Insan Pariwisata Indonesia (IPI) , Dive Operator Comunity Komodo (DOCK), Jaringan Kapal Rekreasi (JANGKAR), Asosiasi Kelompok Usaha Unitas (AKUNITAS) Mabar dan Barisan Pengusaha Pariwisata Labuan Bajo (BPLP). 

“Ada 14 asosiasi yang tergabung dalam aksi ini,“ Beber Iptu Eka

Iptu Eka berharap, para pendemo dapat melaksanakan aksi demo dengan aman dan tertib, agar tidak menimbulkan situasi kamtibmas di Wilayah Kabupaten Mabar jadi terganggu. 

“Harus melakukan aksi demo dengan damai, jangan sampai anarkis. Tentu akan mengganggu situasi Kamtibmas. 

Apabila melakukan tindakan anarkis, Polri tidak akan segan-segan untuk mengambil tindakan tegas“ Pintanya

Untuk diketahui, Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Formapp melaksanakan aksi demo penolakan wacana kenaikan harga tiket masuk ke TNK.