Operasi Keselamatan: Kasat Lantas Iptu Royke Weridity, Neka Hemong Pake Helm

Operasi Keselamatan: Kasat Lantas Iptu Royke Weridity, Neka Hemong Pake Helm

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Keselamatan masyarakat adalah yang nomor satu atau yang utama dalam berkendara.

Berkaitan itu, Satuan Lalu Lintas dalam operasi keselamatan Turangga 2023 yang dipimpin langsung Kasat Lantas Iptu Royke Weridity di dampingi KBO Ipda Putra Syarifudin bersama anggota, terus mengimbau masyarakat Kota Labuan Bajo untuk tertib berlalu lintas, Selasa (14/2/2023) di pertigaan Yosep Adu. 

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan pengeras suara untuk mengimbau masyarakat untuk tertib berlalu lintas. 

Dalam imbauannya yang disampaikan oleh personil Satuan Lalu Lintas, mengimbau kepada seluruh pengendara roda dau maupun roda empat agar selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, menggunakan helm standar Nasional Indonesia (SNI) baik pengendara maupun yang di bonceng termasuk penggunaan helm bagi anak sekolah, menggunakan sabuk pengaman saat berkendara roda empat dan melengkapi surat-surat berupa SIM, STNK dan kelengkapan kendaraan lainnya. 

Selain itu, petugas juga mengimbau agar tidak menggunakan knalpot racing dan jaga jarak aman kendaraan. 

Tidak hanya itu, untuk memberikan edukasi dan pemahaman berlalu lintas kepada masyarakat, Kasat Lantas Iptu Roy juga turut memberikan imbauan menggunakan bahasa daerah Manggarai. 

“Tiba teing ende ema ase kae taung, neka hemong pake helm,ome lako one salang pake motor,” ucap Mantan Kapolsek Komodo saat memberikan imbauan. 

Dalam operasi tersebut, sejumlah kendaraan yang melanggar aturan berhasil diamankan. 

“Tadi beberapa kendaraan kita amankan, karena tidak memiliki kelengkapan. Kita tidak lakukan penilangan, nantinya kendaraan yang telah diamankan bisa diambil kembali dengan catatan harus melengkapi kelengkapan kendaraannya,” tegas Iptu Roy. 

Iptu Roy berharap, masyarakat dalam berkendara harus mengutamakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. 

“Minimal menggunakan helm, karena organ tubuh yang paling rawan saat kecelakaan adalah kepala,” tutupnya.