Kapolres Manggarai Barat Pimpin Pengamanan Undian Nomor Urut Paslon Pilkada 2020

Kapolres Manggarai Barat Pimpin Pengamanan Undian Nomor Urut Paslon Pilkada 2020

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. memimpin langsung pengamanan pengundian nomor urut calon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat pada Pilkada Serentak 2020, Kamis (24/9/2020) pagi.

Personil yang diterjunkan sebanyak kurang lebih 350 personil gabungan Polres Manggarai Barat, Sat Brimob Subden 4 Den B Labuan Bajo, dan Koramil 1612-02/Komodo dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat dan dilakukan pemeriksaan oleh petugas Polri terhadap setiap tamu undangan yang masuk.

Kapolres menyampaikan bahwa pihak Polres Manggarai Barat sudah berkoordinasi dengan KPU, Bawaslu dan Partai pengusung untuk tidak ada pengerahan massa atau konvoi saat pelaksanaan pengundian nomor urut paslon yang hari ini digelar di Hotel Laprima Labuan Bajo.

Selain itu untuk persiapan pengamanan sejak pukul 06.00 pagi tadi, Tim Sterilisasi dari Sat Brimob dan Pam Ovit Sat Samapta sudah melakukan pemeriksaan dan penyisiran dilokasi kegiatan untuk memastikan lokasi aman dari gangguan kamtibmas ataupun benda berbahaya.

Lebih lanjut, Kapolres juga menerangkan bahwa dipintu masuk juga dijaga ketat petugas dari Tim Kesehatan dan Polwan serta dilengkapi metal detektor untuk memeriksa setiap tamu undangan yang akan masuk, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan dipastikan memakai masker sesuai SOP Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

“Pilkada dimasa pandemik Covid-19 bisa berjalan lancar dan aman apabila semua pihak mematuhi peraturan yang dikelurkan Pemerintah dan Maklumat Kapolri, pesta demokrasi digelar dengan arif dan penuh kesadaran mematuhi Protokol Kesehatan,” terang Kapolres Manggarai Barat

Personil Sat Lantas Polres Manggarai Barat juga melaksanakan pengaturan lalu lintas dan pengamanan diluar lokasi kegiatan juga diantisipasi agar tidak terjadi gangguan kamtibmas maupun kerumunan selama sampai dengan selesai pengundian nomor urut paslon.

Untuk diketahui bahwa menjelang tahapan penetapan dan kampanye Pilkada Serentak 2020, Kapolri telah mengeluarkan Maklumat bernomor MAK/03/IX/2020 tanggal 21 September 2020 tentang Kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020.

Keluarnya Maklumat Kapolri ini adalah tindak lanjut dari arahan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang mewaspadai timbulnya tiga klaster penyebaran Covid-19, salah satunya adalah kluster Pilkada.

“Sudah jelas tertuang dalam Maklumat Kapolri, bahwa penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih dan seluruh pihak yang terkait pada setiap tahapan pemilihan wajib menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan 4 M yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, dan Menghindari Kerumunan,” tambah AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

Lanjut AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si., bahwa pihak akan terus mensosialisasikan Maklumat Kapolri dan mendukung Pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 dan menjamin keselamatan bersama.

Usai pengamanan, pengundian nomor urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat Tahun 2020 yang berakhir sekitar pukul 12.00 Wita ini, petugas pengamanan langsung melaksanakan apel konsolidasi dan persiapan tugas-tugas berikutnya.

“Alhamdulillah pengamanan hari ini berjalan dengan aman dan lancar, dan besok pagi kita akan kembali melaksanakan pengamanan penandatanganan pakta integritas dan deklarasi pilkada damai,” pungkas AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.*[RS]*