Malam Takbiran di Labuan Bajo Aman dan Kondusif, Kapolres Mabar Beri Apresiasi

Malam Takbiran di Labuan Bajo Aman dan Kondusif, Kapolres Mabar Beri Apresiasi

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M beserta jajaran mengawal dan mengamankan Pawai Malam Takbiran menyambut Idul Fitri 1444 Hijriah, Jumat (21/04/2023) malam.

Pengamanan berlangsung di sejumlah titik, agar pawai berjalan aman dan lancar.

"Pawai Malam Takbiran ini, perdana dilaksanakan. Sejak pandemi Covid-19 pada 2020, 2021 dan 2022 tidak ada Pawai Takbir Keliling," kata Kapolres Mabar

Dengan tiga tahun tidak dilaksanakan, sambungnya, otomatis pawai tahun ini, banyak kendaraan mengikutinya. Sehingga perlu petugas diterjunkan untuk mengawal serta melakukan pengamanan.

"Tadi bukan hanya takbiran keliling menggunakan kendaraan, takbir keliling dengan berjalan kaki di kampung-kampung pun tetap kita lakukan pengawalan dan pengamanan," ungkapnya.

Selain tingkat Polres, pengamanan pun dilakukan di 12 kecamatan oleh Polsek dan Koramil setempat dengan petugas gabungan.

Berdasarkan laporan dari 5 Polsek jajaran di 12 Kecamatan, situasi sampai saat ini terpantau aman kondusif serta tidak ada kejadian yang menonjol.

"Alhamdulilah, perayaan malam takbiran dalam menyambut Idul Fitri 1444 Hijriah berjalan aman dan lancar. Tidak ada kejadian menonjol dan tentunya kami ucapkan terima kasih serta apresiasi kepada seluruh pihak yang ikut berperan aktif dalam menjaga kondusifitas wilayah selama malam takbiran," ungkap Alumni Akpol angkatan 2004 itu.

Untuk diketahui, selama pelaksanaan malam takbiran, petugas gabungan di Kabupaten Manggarai Barat yang terdiri dari anggota Polres Mabar, Koramil jajaran Kodim 1612/Manggarai, Satpol PP, Dinas Perhubungan hingga tenaga kesehatan dan tim lintas sektoral lainnya telah melakukan pengamanan.

Selain melakukan pengawalan dan pengamanan Pawai Takbiran Keliling, pihaknya juga melakukan patroli disejumlah titik yang dinilai rawan kecelakaan maupun kejahatan. Disela-sela patroli, personel mengimbau agar masyarakat tetap menjaga keamanan wilayahnya masing-masing.

Lebih lanjut Kapolres menambahkan bahwa dirinya selaku pimpinan Polres Manggarai Barat mengucapkan Selamat Merayakan Idul Fitri bagi warga muslim yang merayakannya.

"Kami ucapkan selamat Idul Fitri 1444 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," pungkasnya.**#