Kasie Propam Pimpin Sidak Penggunaan Masker di Markas Polres Manggarai Barat

Kasie Propam Pimpin Sidak Penggunaan Masker di Markas Polres Manggarai Barat

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Polres Manggarai Barat melalui Sie Propam melakukan inspeksi mendadak (sidak) pendisiplinan dalam penggunaan masker di lingkungan kerja Polres Manggarai Barat. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasie Propam Polres Manggarai Barat IPTU Royke Weridity, Senin (04/01/2021) pagi.

Inspeksi mendadak tersebut dilakukan di seluruh Satuan Kerja yang ada di sekitar Markas Komando Polres Manggarai Barat.

“Kami Sie Propam Polres Manggarai Barat menjalankan apa yang menjadi instruksi Pemerintah, Inpres nomor 6 tahun 2020 tentang percepatan penanganan Covid-19 dan juga STR nomor 495 Kapolri tentang penertiban personil Polri dalam penggunaan masker, dalam pelaksanaan tugas,” ujar Kasie Propam.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini untuk meminimalisir penularan pandemi Covid-19, apalagi selama ini diketahui di Polres Manggarai Barat selalu melaksanakan operasi Yustisi bagi masyarakat yang tidak mematuhi Protokol Kesehatan, maka dari itu kita harus disiplin dari dalam institusi dulu sebelum keluar diterapkan kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut katanya dilakukan secara mendadak. “Sengaja kami tidak menyampaikan secara tertulis. Kami ingin melihat kesiapan dan kesadaran dari personil Polri tentang penggunaan masker. Karena masker ini seperti pakaian, kita tidak boleh lagi meninggalkan masker ini,” ucap mantan Kapolsek Komodo ini.

Dari sidak yang dilakukan di seluruh Satker, didapatkan kurang lebih ada 2 personil Polri yang tidak menggunakan masker saat berada di lingkungan kerja Mapolres Manggarai Barat.

“Kita ingin mendisiplinkan masyarakat harus dimulai dari tubuh Polri sendiri. Ini tugas dan tanggung jawab kami, kita bersama–sama mendisiplinkan diri dulu, membangunkan kesadaran bahwa masker ini adalah bagian dalam kelengkapan kita,” tandasnya.

Terpantau bagi personil yang kedapatan tidak menggunakan masker, diberi sanski administrasi oleh Propam, juga diberikan teguran dan tindakan disiplin, mengucapkan Tribrata dan Catur Prasetya serta Push Up. *[RS]*