Kapolres Manggarai Barat Dampingi Kunjungan Kerja Menparekraf RI di Labuan Bajo

Kapolres Manggarai Barat Dampingi Kunjungan Kerja Menparekraf RI di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., melakukan kunjungan kerja salah satu destinasi wisata super prioritas di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) selama dua hari dari tanggal 7-8 Januari 2021.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo S.I.K., M.Si. bersama unsur Forkopimda Kabupaten Manggarai Barat seperti Wakil Bupati Manggarai Barat, Sekda Manggarai Barat dan Kadis Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat turut hadir mendampingi kunjungan Bapak Menparekraf RI di Kabupaten Manggarai Barat.

Untuk diketahui Menparekraf RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., saat tiba di Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo, mengenakan pakaian baju kemeja berwarna putih dan celana hitam. Kedatangan Menteri diterima secara adat Manggarai dengan dikenakan topi adat Manggarai dan selendang, sebagai bentuk dukungan dan ucapan selamat datang dari pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Kunjungan kerja hari pertama, Kamis (07/01/2021) Menparekraf RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., langsung meninjau penerapan Protokol Kesehatan di Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo seperti melihat secara langsung alur penumpang saat tiba serta melakukan pemeriksaan dokumen kesehatan (E-HAC) yang semuanya dilakukan dengan penerapan Protokol Kesehatan ketat. 

Bandar Udara Internasional Komodo merupakan salah satu gerbang utama wisatawan dengan kapasitas penumpang yang ditargetkan mencapai 4 juta pada 2024. “Saya melihat kepatuhan aspek penerapan Protokol Kesehatan Standar Covid-19 sangat tinggi, telah dijalankan secara ketat, dan disiplin,” kata Menparekraf RI.

Selain itu, kunjungan kerja Menparekraf RI ini pun untuk memastikan pengembangan infrastruktur di Labuan Bajo sebagaimana arahan Presiden agar destinasi ini benar–benar siap untuk menjadi tuan rumah dari event G20 di tahun 2022 dan ASEAN Summit 2023 mendatang.

Tak hanya itu, kesiapan dari produk–produk ekonomi kreatif dan sumber daya manusia juga dipastikan oleh Menparekraf RI agar pariwisata dan ekonomi kreatif benar–benar dapat menciptakan lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. 

“Bagi masyarakat yang terdampak dari turunnya jumlah wisatawan, kita akan pikirkan program–program seperti CHSE serta program lainnya seperti dana hibah yang akan kita perluas di tahun 2021 ini,” terang Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A.,. 

Berbagai rencana kerja Menparekraf RI di Labuan Bajo diantaranya meninjau pembangunan Puncak Waringin, kunjungan ke Kampung Rinca hari ini, Jumat (08/01/2021) serta bertemu dengan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo. 

Mengakhiri kunjungan kerja di hari pertamanya di Labuan Bajo, Ia menyerahkan empat sertifikat CHSE untuk hotel diantaranya Inaya Bay Komodo, Inaya Bay Komodo Hotel & Resort, Plataran Komodo Resort & Spa, dan The Jayakarta Suite Komodo Flores.

Ditempat terpisah, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. mengatakan untuk pengamanan, Polres Manggarai Barat menerjunkan 250 personil gabungan Polres Manggarai Barat, Brimob Subden 4 Den B Pelopor Labuan Bajo dan Koramil 1612-02/Labuan Bajo.

“Ratusan personil ini disebar dibeberapa lokasi yang akan dikunjungi Menparekraf RI Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., diantaranya di Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo dan meninjau langsung pembangunan Puncak Waringin serta kunjungan ke Kampung Rinca,” ujarnya.

AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. juga menyampaikan semua lokasi yang dikunjungi Menteri dan rombongan sudah dilakukan sterilisasi oleh Tim Jibom Brimob Subden 4 Den B Pelopor dan Unit K-9 Sat Samapta Polres Manggarai Barat sesuai SOP pengamanan VVIP untuk memastikan lokasi aman.

“Alhamdulillah semua rangkaian kegiatan kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A. berjalan lancar,” terangnya.

Selain di lokasi kunjungan, pengamanan juga dilakukan sepanjang jalur yang akan dilewati rombongan oleh Polres Manggarai Barat dibantu Polsek Komodo bersama Koramil 1612-02/Labuan Bajo serta pengawalan oleh Patwal SatLantas Polres Manggarai Barat. *[RS]*