Kapolres Mabar pimpin apel gelar pasukan Ops Lilin Turangga 2017 di wilkum Polres Mabar

Kapolres Mabar pimpin apel gelar pasukan Ops Lilin Turangga 2017 di wilkum Polres Mabar

Tribratanewsmanggaraibarat.com - Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat (Kapolres Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT), AKBP Julisa Kusumowardono, S.I.K, M.Si pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi lilin Turangga 2017 dalam rangka pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di wilayah hukum Polres Mabar, yang dipusatkan di lapangan apel mapolres Mabar, kamis (21/12/2017).

Adapun yang hadir pada pelaksanaan apel gelar pasukan ops Lilin Turangga 2017 diantaranya, Bupati Mabar, Drs. Agustinus Ch. Dulla, para Forkopimda Mabar, para Kepala dinas  terkait, para tokoh Agama, tokoh pemuda serta para Pejabat Utama Polres Mabar dan peserta apel gelar pasukan baik dari Personil TNI, Polri, POLPP Kab. Mabar, Dishub, Kab.Mabar dan Basarnas Labuan Bajo.

Pelaksanaan Apel Gelar pasukan Lilin 2017 ini ditandai dengan penyematan pita operasi kepada tiga personil perwakilan diantaranya dari personil Polri, TNI dan Dishub oleh Kapolres Mabar, AKBP Julisa Kusumowardono, S.I.K, M.Si.

Dalam sambutannya, Kapolres Mabar, AKBP Julisa Kusumowardono, SIK, M.Si membacakan amanat Kapolri yang pada initinya menyampaikan bahwa, Apel Gelar Pasukan ini sebagai pengecekan akhir terhadap seluruh personil pengamanan berikut sarana dan prasarana pendukung  serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Lanjutnya, beberapa ancaman, tantangan, hambatan dan potensi gangguan yang perlu diantisipasi adalah masih adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok, serta potensi konflik dalam kehidupan masyarakat terkait perayaan Natal seperti aksi sweeping oleh ormas.

Operasi Lilin 2017 akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 23/12/2017 hingga 1/1/2018 dengan mengedepankan kegiatan preemtiv didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum dengan melibatkan personil Polri dan dibantu oleh personil TNI , instansi terkait serta komponen masyarakay lainya.

Gabungan personil ini hendaknya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur Natal dan Tahun Baru , khususnya di tempat-tempat ibadah, jalur perlintasan, obyek wisata, pusat perbelanjaan serta fasilitas transportasi yang akan digunakan seperti terminal bus,  pelabuhan dan bandara. Dengan harapan dapat terwujudnya kamseltibjarlantas, menurunnya angka klejahatan, tersedianya kebutuhan dan stabiltas harga bahan pokok serta tertanggulanginya dampak bencana alam.

Diakhir sambutannya,  Kapolri menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan operasi L:ilin 2017 semoga pengabdian dan kerja keras yang dilakukan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.