Kapolres Mabar Kunjungi Korban Ledakan Speedboat di Labuan Bajo

Kapolres Mabar Kunjungi Korban Ledakan Speedboat di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. menjenguk para korban yang terluka akibat ledakan Speedboat Labuan Bajo I yang saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

"Saya turun langsung ke lapangan untuk memberikan dukungan dan memastikan para korban mendapatkan perawatan terbaik," kata Kapolres Mabar pada Kamis (28/12/2023) kemarin.

Dalam kunjungannya, Kapolres Mabar memberikan perhatian khusus kepada para penumpang yang mengalami luka bakar akibat insiden tersebut.

"Ada tujuh orang terluka akibat ledakan speedboat tersebut, dan saat ini menjalani perawatan medis di rumah sakit, lima orang sudah dipulangkan dan menjalani rawat jalan. Sementara kapten speedboat tersebut masih trauma dan belum bisa dimintai keterangan," jelas Alumni Akpol angkatan 2004 itu.

Mantan Kapolres Alor itu memastikan bahwa bantuan dan perhatian yang diberikan kepada para korban mencakup semua aspek yang diperlukan untuk pemulihan mereka.

"Kami berharap para korban segera pulih dan mendapatkan perawatan yang komprehensif," harapnya.

Selain itu, Kapolres menyebutkan tim dari Satuan Brimob Kompi 4 Batalyon B Pelopor dan Polres Manggarai Barat sedang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk memastikan penyebab ledakan tersebut.

"Titik ledakan itu di salah satu ruangan di dalam speedboat. Untuk sementara kita masih lakukan penyelidikan tentang kejadian tersebut," ungkap Perwira berpangkat ajun komisaris besar polisi itu.

Terpisah, Kasat Polairud Polres Manggarai Barat, AKP I Wayan Merta mengungkapkan kerugian akibat insiden itu ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

"Menurut keterangan nahkoda kerugian materi ditaksir sekitar kurang lebih Rp.100 juta, 1 handphone penumpang juga hilang," tutur AKP Wayan.

Lebih lanjut, adapun kronologi kejadian kecelakaan kapal, speedboat tersebut bertolak dari Dermaga Biru Labuan Bajo pada pukul 09.20 Wita.

Setelah 10 menit berlayar tepatnya di sekitar dermaga ferry Labuan Bajo tiba-tiba terdengar bunyi ledakan dari dalam kapal. Akibatnya seluruh penumpang panik dan berusaha menyelamatkan diri.

"Ledakan terjadi setelah speedboat berlayar dari Labuan Bajo menuju Pulau Kenawa, tepatnya di sekitar pelabuhan Ferry Labuan Bajo," ujar Kasat Polairud.

Saat kejadian kapal tersebut mengangkut 7 orang penumpang, 1 nahkoda, 1 ABK dan 5 orang wisatawan. Akibat insiden ini 7 orang mengalami luka bakar.

Seluruh korban telah dievakuasi ke Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo untuk mendapatkan perawatan medis.

"Dengan bantuan sekoci di sekitar lokasi, korban dievakuasi ke Dermaga Marina dan selanjutnya menggunakan mobil korban untuk dibawa ke Rumah Sakit Siloam. Kapal juga sudah di evakuasi ke Pelabuhan Rakyat Kampung Ujung," pungkasnya.**#