Kapolres Mabar Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2016 Tingkat Propinsi NTT

Kapolres Mabar Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2016 Tingkat Propinsi NTT

IMG-20160621-WA0060-01 IMG-20160621-WA0047 IMG_20160621_100904-01 Tribratanewsmanggaraibarat.com - Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Dr.Supiyanto, M.Si mengikuti Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016 tingkat Propinsi Nusa Tenggara Timur yang dipusatkan di kantor Pemerintah kabupaten Manggarai Barat, Selasa (21/6/2016).

Kapolres Mabar, AKBP Dr. Supiyanto, M.Si dalam hal ini mewakili kapolda NTT dalam acara hari lingkungan hidup sedunia tingkat Prov. NTT tahun 2016.

Hadir dalam kegiatan tersebut sekitar 100 tamu undangan, turut hadir antara lain Gubernur NTT dalam hal ini diwakili oleh Bupati kab.Mabar,Drs. Agustinus Ch. Dulla, Kepala Badan Lingkungan Hidup Propinsi NTT (Benyamin Lola), Kepala Pusat Pembangunan Lingkungan Hidup Ekoregion Bali Nusra (Dr. Abdul Muin), Bupati Kab. Manggarai (Dr. Deno Kamelus, SH), Wakil Bupati Manggarai Barat (Drh. Maria Geong, Phd), Wakil Bupati Sumba Tengah (Umbu Dondu, BBA), Dandim 1612 Manggarai (Letkol. Kav. Imron Rosadi, SE), Kepala Balai Taman Nasional Komodo (Ir. Helmi), Camat Komodo (Abdulah Nur, Sip) dan para pimpinan SKPD Kab. Mabar.

Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup Prov.NTT, selaku Ketua Penyelenggara, bahwa kegiatan ini menjadi sebuah gerakan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat agar meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan.

Pembukaan kegiatan tersebut ditandai dengan penyerahan penghargaan kepada 12 pemenang pengelola lingkungan hidup (Kalpataru) dan pemenang kategori kota bersih (Adipura) tingkat propinsi NTT tahun 2016, sesuai dengan Skep Gubernur NTT no:232/KEP/HK/2016 tanggal 15 Juni 2016.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Mabar diberi kesempatan untuk menyerahakan penghargaan kepada salah satu peserta pemenang pengelola lingkungan hidup serta berkesmpatan memanam satu anakan pohon yang sudah disiapkan oleh panitia penyelenggara

Sambutan Gubernur NTT yang dibacakan oleh Bupati Kab. Mabar menyampaikan bahwa peringatan hari Lingkungan Hidup sedunia yang kita peringati setiap tahun di harapkan tidak hanya sebagai sebuah tradisi atau kebiasaan yang penuh dengan acara seremonial belaka dan pada peringatn kali ini pemerintah Propinsi NTT mengambil tema "LINDUNGILAH KEANEKARAGAMAN HAYATI ENDEMIK DARI KEPUNAHAN DI BUMI FLOBAMORA" yang merupakan penjabaran dari tema nasional yang di usung oleh Kementrian Lingkunga Hidup dan Kehutanan "SELAMATKAN TUMBUHAN DAN SATWA LANGKA UNTUK KEHIDUPAN" yang selaras dengan tema dunia yang di tetapkan oleh UNEP ( United Nations Environment programme) badan dunia untuk program lingkunga hidup dibawah perserikatan bangsa-bangsa yaitu "GO WILD FOR LIFE ".

Sedangkan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan RI yang dibacakan oleh Kepala Pusat Pembangunan Lingkungan Hidup Ekoregion Bali Nusra (Dr. Abdul Muin) menyampaikan bahwa s angat penting bagi Indonesia yang kaya keanekaragaman hayati, n amun banyak persoalan kita hadapi. Sebagian besar spesies diketahui menghadapi ancaman kepunahan karena perusakan habitat dan perburuan liar. Oleh karena itu pemerintah menegaskan upaya perlindungan terhadap tumbuhan dan dan satwa liar (TSL).

Harapan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar momen Hari Lingkungan hidup sedunia yang kita peringati saat ini dapat menjadi alarm, tanda siaga kita untuk terus berupaya dan bekerja keras mengatasi berbagai masalah lingkungan dan kehutanan yang komplek dan rumit dan Mari kita lestarikan alam kita bersama.

Kegiatan Peringatan hari Lingkungan Hidup se-dunia tahun 2016 tingkat propinsi NTT diakhiri dengan Penanaman anakan pohon di Lokasi taman Kota Kantor Bupati Mabar.

[Humad Polres Mabar]