Jumat Curhat, Wakapolres Mabar JUSBERRI Bersama Warga Desa Batu Cermin

Jumat Curhat, Wakapolres Mabar JUSBERRI Bersama Warga Desa Batu Cermin

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepolisian Resor Manggarai Barat kembali menggelar Jumat Curhat bersama masyarakat di Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (6/1/2023).

Kali ini, Jumat Curhat bertajuk Jumat  Santai Bersama Polri (JUSBERRI BERKHASIAT) dipimpin oleh Wakapolres Kompol Sepuh Ade Siregar, S.H., S.I.K., M.H didampingi Kasat Binmas AKP Muhammad Yakop, Kasie Humas Iptu Eka Dharma Yudha Serta Kasiwas Polres Manggarai Barat Aiptu Agustinus Baru serta Bhabinkamtibmas Desa Batu Cermin Bripka Komang Raditya Lesmana Karma. 

Selain itu, turut hadir Kepala Desa Batu Cermin Marianus Yono Jehanu, SE dan masyarakat sebanyak 20 orang.

Pada kesempatan itu, Wakapolres mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka menampung dan mendengar keluhan masyarakat secara langsung. Diharapkan melalui kegiatan Jumat Curhat ini pihaknya dapat betul-betul mengetahui kondisi masyarakat di lapangan. Kemudian, menurutnya hal itu bakal menjadi acuan untuk meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat.

“Apa yang disampaikan oleh masyarakat, baik itu kritikan maupun masukan akan menjadi hal yang sangat baik terhadap Polri, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Kompol Sepuh. 

Menurutnya, selain mendengarkan keluhan masyarakat, kegiatan tersebut juga sekaligus untuk menjembatani apabila ada hal-hal lain yang perlu disampaikan ke pihak terkait yang berwenang dan bertugas dalam bidang lain yang dirasakan masyarakat.

"Intinya, masyarakat bisa menyampaikan keluh kesah, curhatan atau saran masukan kepada Kepolisian, supaya kami bisa segera tindaklanjuti," pungkas Wakapolres.

Sementara itu, Kepala Desa Batu Cermin menyampaikan ada banyak keluhan yang disampaikan oleh masyarakat diantaranya penggunaan knalpot racing, ternak yang dilepas liar oleh pemiliknya sehingga menimbulkan berbagai gangguan, perlunya pembangunan irigasi pertanian.

“Kami berharap, untuk kegiatan patroli Kepolisian ke gang-gang yang yang menjadi tempat berkumpul para pengkonsumsi miras yang mengganggu pengguna jalan,” tandasnya. 

Selain itu, Ketua Bumdes Anton De Ona menyampaikan apresiasi kepada Polres Mabar dalam hal ini Bhabinkamtibmas yang senantiasa hadir langsung di tengah-tengah masyarakat dalam memberikan imbauan maupun menyelesaikan permasalahan yang disampaikan oleh masyarakat. 

Masalah yang sering masyarakat hadapi adalah banyaknya motor berknalpot racing yang sangat mengganggu ketenangan masyarakat. 

“Kami mohon pihak Polres Mabar dapat menindak tegas pengendara knalpot racing yang sangat mengganggu ketenangan masyarakat,” ucapnya.

Ditempat yang sama, salah seorang warga atas nama Leo menyampaikan agar Bhabinkamtibmas tidak dipindahkan dari Desa Batu Cermin karena sudah menyatu dengan masyarakat. 

“Agar kedepan dalam pelaksanaan pengamanan hari besar keagamaan atau kegiatan lain, Bhabinkamtibmas tetap jaga di daerah binaannya,” harap Leo.