Cegah Meluasnya Covid-19, Kapolres Manggarai Barat Berikan Arahan kepada Bhabinkamtibmas

Cegah Meluasnya Covid-19, Kapolres Manggarai Barat Berikan Arahan kepada Bhabinkamtibmas

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Upaya menekan penyebaran Covid-19 di Bumi Komodo terus dilakukan oleh Kepolisian Resor Manggarai Barat khususnya di Kota Destinasi Pariwisata Super Premium Labuan Bajo. 

Seperti yang dilakukan oleh Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. yang memberikan arahan kepada Bhabinkamtibmas Polres Manggarai Barat khususnya yang berada di Polsek Komodo, Polsek Lembor, Polsek Sano Nggoang, Polsek Kuwus dan Polsek Macang Pacar, Kamis (19/08/2021) pagi sekitar pukul 09.00 Wita.

Dalam arahannya kepada Bhabinkamtibmas, Kapolres Manggarai Barat kembali mengingatkan tentang pentingnya mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 di masyarakat dengan selalu ingat dan membiasakan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari–hari. Diantaranya dengan menerpakan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas.

"Saya minta Bhabinkamtibmas terus edukasi masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan," imbaunya.

Alumnus Akpol angkatan 2000 itu juga meminta Bhabinkamtibmas mengimbau masyarakat untuk mengurangi dan menekan kegiatan masyarakat yang mengumpulkan orang banyak, agar bisa semaksimal mungkin menekan penyebaran Covid-19 di Manggarai Barat.

"Hentikan kegiatan masyarakat yang bisa menimbulkan kerumunan orang banyak dengan cara yang humanis," tegasnya. 

Berkaitan dengan penanganan Covid-19, agar terus meningkatkan sinergi dengan TNI dan instansi terkait guna melakukan 3T yaitu testing kepada warga yang diduga terjangkit virus Covid-19, tracing kepada orang–orang melakukan interaksi dengan orang yang diduga terjangkit virus Covid-19 dan treatment yaitu melakukan pengobatan kepada orang yang diduga terjakit virus Covid-19.

"Saya berharap rekan–rekan Bhabinkamtibmas harus menggandeng Babinsa, Kepala Desa, tokoh masyarakat sehingga status Level III di Manggarai Barat ini bisa dipertahankan bila perlu diturunkan status ke Level II, Saya juga mengharapkan dengan penambahan tracer, penderita Covid-19 bisa terus menurun dan bisa masuk zona hijau," harap AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

"Lakukan Tracing yang ketat kepada orang–orang yang kontak erat dengan pasien Covid-19 dan diarahkan ke tempat Isolasi Terpadu (Isoter) guna menghindari munculnya Cluster dalam keluarga ataupun lingkungan sekitar," kata Kapolres Manggarai Barat. 

"Jalankan tugas dengan baik, tugas adalah ibadah, serta edukasi warga masyarakat dengan humanis dan tetap jaga safety terutama dalam melakukan tracing agar tidak tertular Covid-19 saat melakukan trecing," tambahnya.

Selain itu, guna mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, Bhabinkamtibmas terus berupaya melakukan pendataan kepada warga.

"Datakan masyarakat yang belum di Vaksin sehingga masyarakat tersebut bisa dengan segera mendapatkan Vaksin Covid-19 sehingga terciptanya heard imunity," ujarnya.

Terakhir, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. mengajak agar seluruh pihak saling bahu–membahu untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Semua bisa dicegah jika kita disiplin dengan protokol kesehatan Covid-19, karena disipilin adalah vaksin yang terbaik saat ini," ucap perwira dengan dua melati di pundaknya. *[RS]*