Jelang Hari Jadi Ke-76, Polisi Wanita Bagikan Bunga dan Coklat di Labuan Bajo

Jelang Hari Jadi Ke-76, Polisi Wanita Bagikan Bunga dan Coklat di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Sejumlah pengendara di Labuan Bajo, Manggarai Barat dikagetkan dengan kehadiran Polisi Wanita (Polwan) dari Polres Manggarai Barat yang tampak berdiri di traffic light simpang empat Langka KB, Senin (26/08/2024) pagi.

Kehadiran mereka bukan untuk menangkap atau merazia, namun para Polwan yang berseragam lengkap itu terlihat mengatur arus lalu lintas sekaligus membagikan bunga dan coklat bagi pengguna jalan.

"Pembagian bunga dan coklat ini, kami lakukan menjelang Hari Jadi ke 76 Polwan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 September. Ini merupakan salah satu perwujudan bahwa Polri dekat dengan masyarakat," kata Ipda Karina Viktoria Anami, S.Tr.K selaku Koordinator Polwan Polres Manggarai Barat.

Ia mengungkapkan pembagian bunga dan coklat menyimbolkan kasih sayang yang diharapkan bisa membangun kedekatan antara abdi negara tersebut dengan masyarakat secara luas.

"Bunga dipilih karena mempunyai makna cinta, keindahan dan keberanian, sedangkan coklat sebagai lambang atau tanda kasih sayang," ungkapnya.

Selain itu, pemberian ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna jalan yang sudah mematuhi ketertiban berlalu lintas, seperti mengenakan helm dan menaati rambu-rambu jalan.

"Kami berharap Polwan terutama di Manggarai Barat ini semakin bermanfaat untuk masyarakat dan sebaliknya masyarakat bisa lebih dekat dengan kami. Kepercayaan masyarakat semakin bertambah maka kami juga lebih bersemangat dalam bertugas," ujar Perwira pertama itu.

Dijelaskannya, Polwan memiliki tugas yang sama dengan polisi laki-laki (Polki), secara garis besar sama-sama melaksanakan tugas pokoknya yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta melaksanakan penegakan hukum.

"Dalam usia Polwan yang menginjak ke 76 tahun ini, kami juga mempunyai banyak peran penting dalam menjaga harkamtibmas serta tantangan tugas yang semakin kompleks terjadi ditengah masyarakat. Untuk itu, setiap anggota Polwan harus terus mengasah kemampuan diri dan meningkatkan kecakapan agar mampu menjalankan tugas-tugas dengan maksimal," sebut Ipda Karina sapaan akrabnya.

"Hal ini juga sesuai dengan tema Hari Jadi Polwan tahun ini yakni Polwan Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas," tambahnya.

Lebih lanjut, ia meminta agar masyarakat memberikan saran, masukan dan kritik yang membangun agar pelayanan yang diberikan pihak kepolisian sesuai dengan harapan masyarakat.

"Dengan bertambahnya usia, kami akan terus berbenah dan berusaha melakukan yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," tutur Polwan yang juga menjabat sebagai KBO Sat Pam Obvit Polres Manggarai Barat itu.**#