Gelar Latpraops Mantap Brata, Polres Mabar Siap Mengamankan Pemilu Tahun 2024

Gelar Latpraops Mantap Brata, Polres Mabar Siap Mengamankan Pemilu Tahun 2024

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Tahapan menuju Pemilu Tahun 2024 sudah mulai berjalan. Berbagai langkah dan upaya strategis telah dilakukan oleh jajaran Kepolisian Resor Manggarai Barat untuk mewujudkan situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif.

Sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi Pemilu Tahun 2024, Polres Manggarai Barat menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) dengan tema utama "Latihan Pra Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024, Polri Yang Presisi Siap Mengamankan Penyelanggaraan Pemilu Tahun 2024 Menuju Indonesia Maju".

Acara Latpraops yang mengambil tempat di Aula Kemala Bhayangkari Mapolres Manggarai Barat tersebut dibuka langsung oleh Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., didampingi Wakapolres Mabar, Kompol Budi Guna Putra, S.I.K., serta dihadiri para pejabat utama (PJU), Kapolsek jajaran, dan personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan dan memberikan gambaran kepada personel yang terlibat dalam operasi agar mengetahui cara bertindak dan mempunyai kesamaan pola pikir dalam pelaksanaan Ops Mantap Brata nantinya," kata Kapolres Mabar usai membuka kegiatan Latpraops pada Selasa (10/10/2023) pagi.

"Selain itu, sasaran pelatihan ini agar terwujudnya kesamaan visi, misi, pola pikir dan pola tindak bagi personel Polres Manggarai Barat dan jajaran Polsek yang terlibat dalam Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Turangga 2023-2024," tambahnya.

AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. juga menuturkan, ratusan personel kepolisian akan ditempatkan di berbagai wilayah di Kabupaten Manggarai Barat dalam rangka pengamanan Operasi Mantap Brata Turangga.

Para personel akan bertanggung jawab dalam menjaga keamanan selama proses kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara dan tahapan-tahapan lainnya yang terkait dengan Pemilu Tahun 2024.

"Dalam pelaksanaannya, Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 akan bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan kelancaran dan keamanan Pemilu Tahun 2024," jelas Mantan Kapolres Alor itu.

Lebih lanjut, Polres Manggarai Barat bakal menggandeng berbagai pemangku kepentingan. Mulai dari penyelenggara pemilu hingga tokoh masyarakat. Bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh daerah dan seluruh elemen masyarakat.

"Polres Manggarai Barat juga akan melakukan cooling system dengan melibatkan seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat untuk mendukung pemilu yang lancar dan damai. Hal ini demi menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif selam pelaksanaan operasi," ungkap Alumni Akpol 2004 itu.

Ia berharap, kepada seluruh personil untuk menjaga netralitas pemilu dengan tidak memihak kepada salah satu paslon, nomor urut atau warna apapun.

"Selama digelarnya Operasi Mantap Brata ini, kepada seluruh personel untuk mengedepankan tindakan preventif, menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh pihak. Tidak ikut kampanye serta tidak terlibat politik praktis," tegasnya.**#