Ciptakan Generasi Cerdas dan Unggul, Taman Baca "Do Ta Hebat" Hadir di Lembor

Ciptakan Generasi Cerdas dan Unggul, Taman Baca

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Untuk meningkatkan wawasan membaca terhadap anak sejak dini. Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. bersama Ketua Bhayangkari Cabang Manggarai Barat, Ny. Iing Ari Satmoko, S.An., M.M. resmikan Taman Baca "Do Ta Hebat" Bhayangkari Ranting Lembor, Selasa (20/06/2023) kemarin.

Peresmian taman baca "Do Ta Hebat" Bhayangkari Ranting Lembor yang berlokasi di Mapolsek Lembor, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, NTT ini dihadiri oleh segenap Pengurus Bhayangkari Cabang Manggarai Barat serta Para Pejabat Utama Polres Manggarai Barat.

Tujuan pembangunan taman baca ini untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap membaca sejak dini, menambah kebiasaan belajar mandiri yang akhirnya anak mampu belajar mandiri, mempercepat proses penguasaan teknik membaca hingga membantu perkembangan kecakapan berbahasa.

Ketua Bhayangkari Cabang Manggarai Barat, Ny. Iing Ari Satmoko, S.An., M.M. berharap dengan adanya taman baca dapat memicu minat baca para anak maupun masyarakat.

"Bukan hanya diperuntukkan untuk anak-anak namun taman baca ini kami siapkan juga untuk umum, yang terpenting hadirnya taman baca ini untuk menambah wawasan," ujarnya.

Perlu diketahui, sebanyak 150 jenis buku tersedia di taman baca "Do Ta Hebat". Dimana, dari berbagai buku ini diperuntukan pula untuk para orang tua.

"Ketika orang tua mendampingi anak-anaknya ditaman baca, bisa ikut membaca juga dan menambah wawasan juga," tuturnya.

"Semoga kedepannya buku-buku ini bisa bertambah lagi jumlah dan kualitasnya," sambung Ibu Kapolres sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Ny. Iing Ari Satmoko, S.An., M.M. berharap hadirnya taman baca "Do Ta Hebat" ini bisa menjadi sahabat anak-anak maupun sahabat orang tua dalam menambah wawasan dan meningkatkan budaya literasi.

"Meskipun dengan kemajuan internet saat ini kita dengan mudah mengakses berita apa saja, jika membacanya lewat handphone ataupun komputer kadang terlihat panjang dan lebih efektif membaca lewat buku," katanya.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. bahwa tingkat minat baca masyarakat di Indonesia diketahui terbilang cukup rendah. Berdasarkan data United Nations Educational, Scientific and Cultural Organizatoin (UNESCO) di tahun 2016, Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara di dunia. 

Selain itu, berdasarkan data UNESCO minat membaca masyarakat Indonesia sangat rendah. Dimana hanya 0,001 persen atau 1 dari 1.000 orang di Indonesia yang rajin membaca.

Lebih lanjut dijelaskan Kapolres Mabar berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 disebutkan tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia secara keseluruhan berada di angka 59,52 dengan durasi membaca 4-5 jam per minggu dan 4-5 buku per triwulan.

"Berdasarkan riset tersebut, maka usaha sekecil apapun akan kita lakukan untuk membantu meningkatkan minat baca demi menciptakan generasi Indonesia yang lebih cerdas dan unggul," terang Kapolres Mabar.

Orang nomor satu di Polres Manggarai Barat itu juga sangat mengapresiasi jajaran Polsek Lembor dibawah pimpinan IPDA Yostan Alexanderia Lobang, S.H. atas berdirinya Taman Baca tersebut.

"Dengan adanya taman bacaan ini, kami berharap bisa membantu program pemerintah terkait literasi membaca, sehingga anak-anak dapat memanfaatkan taman bacaan untuk dijadikan tempat untuk belajar," kata Alumni Akpol angkatan 2004 itu.**#