Visi Indonesia Emas, Polisi Gelar Apel Besar Satkamling di Labuan Bajo

Visi Indonesia Emas, Polisi Gelar Apel Besar Satkamling di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Polres Manggarai Barat, Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur menggelar Apel Besar Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling), bertempat di lapangan apel Mapolres setempat, Rabu (21/06/2023) pagi.

Apel Besar Satkamling tersebut bertujuan untuk memantapkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa, khususnya di Kabupaten Manggarai Barat.

Kemudian pada apel Satkamling ini juga diikuti oleh satuan fungsi Polres Manggarai Barat dan perwakilan Satkamling Se-Kecamatan Komodo serta dihadiri oleh Forkopimda Manggarai Barat.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. selaku pimpinan apel membacakan amanat dari Kapolri, mengatakan bahwa kegiatan apel ini untuk melihat kesiapsiagaan dan upaya meningkatkan pam swakarsa, guna menjamin keamanan yang kondusif.

"Ini juga sekaligus sebagai evaluasi sejauh mana keberhasilan dan sistem mana yang perlu diperbaiki untuk mewujudkan keamanan mandiri," Kata Kapolres Mabar.

Satkamling atau satuan keamanan lingkungan merupakan salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada dibawah pembinaan Polri.

"Kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa. Selain itu, Polri juga telah menerbitkan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa," jelasnya.

Kapolres Mabar juga mengatakan bahwa Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa.

"Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi "early warning" terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif," ucap Alumni Akpol angkatan 2004 itu.

Untuk itu, solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling.

"Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal," ungkap orang nomor satu di Polres Mabar itu.

Dalam hal ini, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan.

"Hal ini sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa," tutur AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M.

"Saat ini, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024," pungkasnya.

Perwira berpangkat AKBP itu juga berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing- masing, jangan ada perpecahan karena hanya perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama.

"Kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong Visi Indonesia Emas yang kita cita-citakan bersama," tutupnya.**#