Cegah Penyebaran HIV/AIDS, Bhabinkamtibmas Desa Gorontalo Gandeng Puskesmas Labuan Bajo Lakukan Mobile VCT AIDS

Cegah Penyebaran HIV/AIDS, Bhabinkamtibmas Desa Gorontalo Gandeng Puskesmas Labuan Bajo Lakukan Mobile VCT AIDS

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo, Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

Penularan HIV terjadi melalui kontak dengan cairan tubuh penderita, seperti darah, sperma, cairan vagina, cairan anus, serta ASI. 

Berkaitan dengan hal itu, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Gorontalo, Polres Manggarai Barat (Mabar) Aipda Muhammad Nukman bersama petugas laboratorium Puskesmas Labuan Bajo yang dipimpin oleh Dewi Bantrang melakukan kegiatan mobile  voluntary counselling and testing (VCT) HIV/AIDS terhadap 23 orang ledys di Pub Cleopatra, Selasa (22/2/2022).

Kegiatan Mobile VCT akan dilakukan di semua tempat hiburan yang ada Wilayah Kota Labuan Bajo, kata Aipda Nukman pada Rabu 23 Februari 2022 pagi. 

“Masyarakat tidak perlu takut terhadap orang pengidap HIV/AIDS karena penularannya tidak melalui udara, air, keringat, air mata, air liur, gigitan nyamuk, atau sentuhan fisik,” imbuhnya

Kata Aipda Nukman yang biasa di sapa Koko, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari dan meminimalkan penularan HIV yaitu tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah, tidak berganti-ganti pasangan seksual, menggunakan kondom saat berhubungan seksual serta menghindari penggunaan narkoba terutama jenis suntik

“Hal lain yang patut diketahui untuk menghindari HIV/AIDS adalah pentingnya mendapatkan informasi yang benar terkait HIV, cara penularan, pencegahan, dan pengobatannya, terutama bagi anak remaja,” tambahnya. 

Lanjut dikatakan, mobile VCT serta pengambilan darah HIV/AIDS ini bertujuan mencegah penularan penyakit HIV/AIDS di kota Labuan Bajo dan juga sebagai kegiatan rutin triwulan dari Puskesmas labuan bajo.

Selain melakukan kegiatan mobile VCT petugas medis juga melakukan tes swab antigen terhadap para ledys dan karyawan  yg dilakukan swab antigen yang hasilnya negatif. 

Wisnu selaku pemilik Pub cleopatra berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin sesuai jadwal yang di tetapkan, mengingat kondisi dunia kesehatan  yang akhir-akhir ini menjadi prioritas utama, terutama untuk mendukung Labuan bajo sebagai kota super premium  yang aman, nyaman dan bebas dari penyakit.

Aipda Nukman mengimbau, masyarakat Kabupaten Mabar pada umumnya dan khususnya warga binaannya di Desa Gorontalo untuk tidak mengucilkan orang pengidap HIV/AIDS namun tetap melakukan pencegahan atau menghindari sesuai dengan cara yang sudah dianjurkan.