Wakapolres Mabar Serahkan Kartu Dumas Kepada 10 Anggota Bhabinkamtibmas

Wakapolres Mabar Serahkan Kartu Dumas Kepada 10 Anggota Bhabinkamtibmas

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Wakil Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat (Wakapolres Mabar) Kompol Sepuh Ade Irsyam Siregar, SH.,S.I.K.,M.H, menyerahkan kartu Dumas (Pengaduan Masyarakat) Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) kepada 10 anggota Bhabinkamtibmas. 

Penyerahan kartu Dumas tersebut di langsungkan di Lapangan Apel Polres Manggarai Barat, Kamis (2/6/2022) pagi. 

Kapolres Mabar AKBP Felli Hermanto,S.I.K.,M.Si melalui Wakapolres mengatakan Aplikasi ini merupakan wujud handling komplain dan transparansi Polri dalam membentuk sistem pengawasan oleh masyarakat dengan cepat, mudah, dan terukur. Dengan klarifikasi tersebut, laporan yang masuk ke aplikasi Dumas Presisi bisa dipastikan bukan laporan bohong.

Lanjut dikatakan, Kartu Dumas yang sudah dibagikan, sudah ada barcode tinggal di scanning oleh masyarakat. 

“Kita tinggal sosialisasikan, masyarakat tidak perlu capek untuk mendownload aplikasi Dumas Presisi ini. Jika ada pengaduan dari masyarakat, bisa kita bantu ketik apa yang menjadi pengaduan masyarakat. Secara otomatis langsung dimonitor oleh Mabes Polri,” Tandasnya.

Pada kesempatan itu juga, Wakapolres memberikan apresiasi dan semangat kepada para Bhabinkamtibmas yang telah melaksanakan tugas dengan baik. 

Anggota Bhabinkamtibmas punya peluang besar untuk mendapatkan perhargaan dari pimpinan, tinggal bagaimana kita membuat inovasi baru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

“Banyak hal yang bisa dilakukan, tinggal dipikirkan. Cukup diviralkan inovasi yang telah dibuat. Pimpinan pasti melihat dan menilai apakah kita layak untuk mendapatkan penghargaan,”tuturnya.

Selain itu, Kepala Seksi Provos dan pengamanan Polres Mabar Ipda Nyoman Budiarta pada kesempatan itu menghimbau kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, hindari perilaku yang dapat mencoreng nama institusi Polri. 

Perlu diketahui, Dumas Presisi merupakan Aplikasi Pengaduan Masyarakat (Dumas) Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan). Aplikasi Dumas (Pengaduan Masyarakat) Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) yang telah resmi diluncurkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.