Wakapolres Mabar Pimpin Pengamanan Aksi Solidaritas 1000 Lilin Untuk Ahok

Wakapolres Mabar Pimpin Pengamanan Aksi Solidaritas 1000 Lilin Untuk Ahok

IMG_5282-01 IMG_5276-01 IMG_5289-01 Tribratanewsmanggaraibarat.com - Wakil Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Komisaris Polisi Edward Jaky Tofany Umbu Kaledi, S.H, SIK, M.M pimpin langsung pengamanan kegiatan aksi 1000 lilin untuk Basuki Tjhaya Purnama atau Ahok hari ke ketiga oleh ratusan warga masyarakat Manggarai Barat simpatisan Ahok, Jumat (12/5/2017) pukul 19.00 Wita.

Dalam rangka menjamin kamtibmas dengan adanya aksi 1000 lilin untuk Ahok yang dilakukan oleh warga masyarakat kota Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar) simpatisan Ahok tersebut Polres Mabar melakukan pengawalan dan pengamanan guna tetap terciptanya kamtibmas di wilayah hukum Polres Mabar khususnya kota Labuan Bajo.

kegiatan pengamanan pada hari ketiga ini dipimpimpin langsung oleh Wakapolres Mabar, KOMPOL Edward J.T.Umbu Kaledi, S.H, SIK, M.M, didampingi oleh Kabagops Polres Mabar, AKP Efferhad, R.Ludony, Kasat Sabhara, Markus Malik dan Para Perwira penanggung jawab lapangan serta puluhan Personil Polres Mabar.

Wakapolres Mabar, menyatakan bahwa dalam pengaman aksi diharapkan kepada personil pengamanan untuk bersikap secara profesional dan selalu bersikap humanis tetapi tegas.

"Aksi ini merupakan aksi damai dalam bentuk solidaritas peduli Ahok. Diharapkan jika ada hal hal yang menyimpang dari aksi malam hari ini kita sebagai anggota Polri harus bersikap profesional dan sesuai prosedur", tegas Wakapolres Mabar.

Kegiata aksi tersebut bertempat di depan kantor Pengadilan Negeri Labuan Bajo. Aksi yang samapun sebelumnya telah dilakukan sejak Rabu 10 Mey 2017 lalu yang bertempat di Patung Caci, Batu Cermin.

Warga Masyarakat Manggarai Barat yang melakukan aksi ini pada umumnya berasal dari para tokoh agama dianataranya, Romo Robert Pelita Pr, Romo Rikardus Manggu Pr, Romo Lorens Sopang Pr, para biarawati , para pelajar dari SMAK Ignatius Loyola, Seminari Menengah Labuan Bajo, para simpatisan pendukung AHOK. Selain itu hadir juga anggota DPRD Mabar, Darius Angkur A.md dan Editasius Endi. Selaku penanggung jawab dalam kegiatan aksi ini yakni, Stefan Rafael sedangkan koordinator aksi yakni, Vikep Labuan Bajo, Romo Robert Pelita Pr.

Adapun rangkaian kegiatan dalam aksi ini yakni, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya sambil menyalakan lilin yang dibakar di sepanjang trotoar dan melakukan pembakaran lilin dengan membentuk Tulisan " KOMODO ", Doa bersama untuk Ahok, orasi, menyanyikan lagu lagu kebangasan/Nasional, pembacaan puisi, dan Pembacaan Pernyataan sikap warga masyarkat yang dibacakan oleh anggota DPRD Mabar, Editasius Endy.

Tujuan dari pelaksanaan aksi ini merupakan bentuk dukungan masyarakat Mabar terhadap perkembangan situasi Nasional yang terjadi pada akhir akhir ini yakni, adanya upaya dari kelompok tertentu yang mau mengubah Idiologi Pancasila, UUD 1945 dan mengganggu Bhineka Tunggal Ika serta putusan pidana penjara 2 tahun penjara Basuki Tjahaya Purnama ( Ahok ) yang diakui tidak ada rasa keadilan.

Sesuai rencana dari penanggung jawab kegiatan aksi damai bahwa, aksi pembakaran 1000 lilin wujud solidaritas peduli ahok akan dilaksanakan di wikayah Kab. Mabar selama 7 hari. [oryZLS]