Wakapolda NTT Pantau Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Manggarai Barat

Wakapolda NTT Pantau Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Manggarai Barat

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si melakukan pemantauan pilkada Kabupaten Manggarai Barat, Rabu (09/12/2020) sore.

Sebelumnya, Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si. melakukan pemantauan jalannya Pilkada di Kabupaten Ngada.

Pemantauan di Kabupaten Manggarai Barat dilakukan di TPS 07 Golo Koe, Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, pada pukul 14.45 Wita.

Hadir pula dalam kesempatan itu, Dir Binmas Polda NTT Kombes. Pol. Drs. Taufiq Tri Atmojo, dan Wadir Polairud Polda NTT AKBP I Ketut Adnyana Putera, S.Si. selaku Pamatwil Mabar, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si., Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav. Ivan Alfa, S.Sos., Kajari Mabar Iqbal S.H., M.H., Kabag Ops Polres Mabar AKP Roberth M. Bolle, Kasat Lantas Polres Mabar Iptu I Made Bagus Aditya Melyandika, S.T.K., M.A., Kasat Samapta Polres Mabar Iptu Markus Malik.

Usai melakukan pemantauan, jenderal bintang satu tersebut memberikan apresiasi pengamanan Pilkada di Kabupaten Manggarai Barat.

Menurutnya, kerja sama dan sinergitas TNI-POLRI dan stakeholder termasuk penyelenggara pemilu dinilai bagus.

“Ini yang saya dapat sebagai bahan laporan saya,” katanya.

Diakuinya, potensi kerawanan Pilkada memang ada dalam setiap penyelenggaraan Pilkada, namun demikian, hal tersebut telah diklasifikasikan dan diantisipasi. 

Bentuk antisipasi yang dilakukan adalah penambahan jumlah personel di daerah yang melaksanakan Pilkada.

Sesuai dari Mabes Polri, kita semua rawan, ada rawan 1 dan rawan 2, jadi kami ada beberapa daerah, tapi kami sudah klasifikasi dan TNI-Polri sudah antisipasi. Kami back up dari TNI, Brimob Nusantara dan Polres yang tidak melaksanakan pilkada. Intinya kami siap. Dan diharapkan semua dari penetapan (Bupati dan Wakil Bupati) hingga pelantikan berjalan aman,” paparnya.

Pihaknya berharap, masyarakat dapat mengambil bagian untuk membantu dan menjaga situasi yang kondusif tahapan Pilkada hingga penetapan dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati.

Saat ditanya bagaimana jika terdapat oknum atau pihak yang mengganggu kamtibmas dalam tahapan Pilkada, Brigjen Pol. Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si mengatakan, pihaknya akan melakukan penindakan sesuai peraturan yang berlaku.

“Kami sudah ada tahapan–tahapan dan aturan, siapa yang mengganggu, berarti dia tidak berpartisipasi aktif dalam membangun bangsa ini. Kami akan melakukan tindakan sesuai prosedur yang sudah kami punya terhadap masyarakat yang mencoba mengganggu, jika itu ada,” jelasnya.

Pihaknya berharap, jalannya Pilkada di Kabupaten Manggarai Barat berjalan dengan baik dan kondusif, terlebih karena Labuan Bajo sebagai Kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas.

“Kami berharap masyarakat dapat mendukung, menjaga kedamaian Manggarai Barat itu sendiri karena Labuan Bajo sudah menjadi sorotan dunia tentang wisatanya, sehingga kita berharap situasi damai dapat memajukan Manggarai Barat,” kata Wakapolda NTT. *[GA/RS]*