Bantuan Tunai PKLWN: Kabid Keuangan Polda NTT Berikan Pengarahan Kepada Seluruh Anggota Bhabinkamtibmas

Bantuan Tunai PKLWN: Kabid Keuangan Polda NTT Berikan Pengarahan Kepada Seluruh Anggota Bhabinkamtibmas

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo, Menjelang kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Kepala Bidang (Kabid) Keuangan Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) Kombes Pol Drs. Sofyan Tanjung memberikan pengarahan kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas Polres Mabar terkait pelaksanaan kegiatan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima Warung dan Nelayan (BTPKLWN). 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Kemala Bhayangkari Polres Mabar, Sabtu (12/3/2022) sore. 

Pada kesempatan itu, Kabid keuangan Polda NTT menyampaikan kegiatan pemberian bantuan ini merupakan upaya Pemerintah dalam rangka membantu masyarakat yang terkena dampak dari Covid-19.

Lanjut dikatakan, Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma'ruf Amin akan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 20 orang calon penerima bantuan. 

Dikatakannya, kegiatan bantuan sosial pada tahun sebelumnya dilaksanakan oleh TNI dan Polri.

“Tahun ini dilaksanakan oleh Polri saja, sehingga tidak adanya warga yang menerima bantuan double dari  TNI dan POLRI seperti tahun tahun sebelumnya” tegas Kombes Sofyan

Persyaratan bagi calon penerima bantuan adalah harus memiliki KTP elektronik ataupun domisili di Wilayah Kabupaten Mabar. Calon penerima akan mendapatkan bantuan berupa uang sebesar 600 ribu rupiah, tambahnya. 

Diharapkan anggota Bhabinkamtibmas dapat menginput data warganya yang akan menerima bantuan ke aplikasi Puskeu Presisi, maka dari  Bhabinkamtibmas harus mendownload aplikasi tersebut untuk menginput data warganya yang akan menerima bantuan.

“Diharapkan pelaksanaan ini dapat bekerja dengan baik agar mendapatkan hasil yang efektif,” Imbuhnya.

Kegiatan ini sudah ditargetkan oleh Mabes Polri agar selama 2 bulan kegiatan ini terlaksana, tambah perwira bunga tiga itu. 

“Mabes Polri menargetkan 2 bulan kegiatan ini selesai sudah menyerahkan Dana Bantuan tersebut untuk Provinsi NTT sebesar 1,2 Miliyar,” ungkap Kombes Sofyan. 

Selain itu, Kapolres Mabar AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si saat mendampingi Kabid Keuangan Polda NTT, menegaskan tidak mendengar hal-hal negatif terkait dengan program bantuan ini sehingga kegiatan pemberian bantuan dapat terlaksana dengan baik. 

“Untuk kegiatan 20 peserta dan dapat diatur untuk calon penerima bantuan dari para Nelayan dan Pedagang Kaki lima,” Kata AKBP Felli. 

Lanjut ditambahkan, para bhabinkamtibmas dapat mendata warga yang akan menjadi calon penerima bantuan tersebut dengan baik.

“Diharapkan, dalam proses pemberian bantuan tidak ada kerumunan masa, semuanya diatur dengan baik dan selalu mentaati prokes,” tutup AKBP Felli.