Agar Taat Aturan, Propam Polres Manggarai Barat Laksanakan Gaktiplin

Agar Taat Aturan, Propam Polres Manggarai Barat Laksanakan Gaktiplin

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Untuk mendukung pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat yang lebih optimal, Propam Polres Manggarai Barat, Polda NTT, melaksanakan kegiatan Penegakan Penertiban dan Disiplin (Gaktiplin) di lapangan apel Mapolres Manggarai Barat, Senin (02/08/2021) pagi.

Pelaksanaan Gaktiplin di pimpin langsung oleh Kasi Propam IPDA Ignatius Andrean Setianto, S.Tr.K. di dampingi personil Propam Polres Manggarai Barat, Gaktiplin digelar dalam rangka meningkatkan kedisiplin personil Polri, khususnya dilingkungan Polres Manggarai Barat.

Setelah pelaksanaan apel pagi, Kasi Propam memberikan informasi kepada personil Polres Manggarai Barat bahwa Propam akan melaksanakan Gaktiplin agar personil mempersiapkannya, selanjutnya Propam melakukan pemeriksaan kelengkapan surat–menyurat kepada personil seperti KTP, SIM dan juga Kartu Anggota dilanjutkan pemeriksaan sikap tampang, kerapian dan kesesuaian pakaian dinas.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K. M.Si., melalui Kasi Propam IPDA Ignatius Andrean Setianto, S.Tr.K. menyampaikan kegiatan Gaktiplin rutin di laksanakan Propam Polres Manggarai Barat dalam upaya meningkatkan kedisiplinan para personil, kegiatan tersebut memiliki tujuan agar personil dapat mematuhi peraturan yang berlaku sehingga dapat menumbuhkan citra yang baik di masyarakat.

"ini merupakan tugas Pokok kami kepada personil, tak hanya itu pengawasan di dalam tubuh instansi Polri, agar personil hindari perbuatan merusak citra Polri seperti contoh Miras, Narkoba bahkan Korupsi." tegas Kasie Propam

Ia juga mengatakan, ini dilakukan untuk menjaga kerapian dan wujudkan karakter Polri yang Presisi sesuai dengan program Bapak Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

"Langkah tersebut merupakan upaya penegakan pengawasan disiplin secara internal, mengingat Polri adalah panutan masyarakat," tuturnya.

Selain itu, IPDA Ignatius Andrean Setianto, S.Tr.K. mengingatkan personel agar tidak melakukan pelanggaran hukum maupun perbuatan yang dapat mencoreng nama baik Institusi Kepolisian.

"Pelanggaran yang terjadi akan menghambat karir, merugikan diri sendiri dan keluarga. Mari jadikan Gaktiblin sebagai momen untuk lebih baik kedepannya," pungkas Kasi Propam.

Lanjut Kasie, Dalam kegiatan tersebut masih di temukan beberapa personil Polres Manggarai Barat yang tidak merawat rambut dan janggut sesuai ketentuan sehingga terkesan kurang rapi, terhadap personil di berikan arahan dan teguran.

"Selain melaksanakan kegiatan Gaktiplin, Propam juga memberikan himbauan kepada personil agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan dan menjadi pelopor Prokes di tengah–tengah masyarakat," tutup IPDA Ignatius. *[RS]*