TNI-Polri Pantau Kesiapan TPS, Kapolres Manggarai Barat: Patuhi Prokes, Jangan Golput

TNI-Polri Pantau Kesiapan TPS, Kapolres Manggarai Barat: Patuhi Prokes, Jangan Golput

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Pencoblosan Pilkada serentak 2020 tinggal satu hari lagi. Untuk memastikan keamanan menjelang pemungutan suara, TNI-Polri melakukan patroli dan monitoring persiapan tempat pemungutan suara (TPS), Selasa (08/12/2020) siang.

Untuk Tim Patroli diikuti Wakapolres Manggarai Barat Kompol Sukanda, Pabung Kodim 1612 Manggarai Mayor Inf. Suparno Hadi, Kasat Samapta Polres Manggarai Barat Iptu Markus Malik, Danki Brimob Subden 4 Den B Pelopor Labuan Bajo Iptu Raimundo De Jesus, S.H., dan Danramil 1612-02/Labuan Bajo Kapten Inf. I Nyoman Sukada beserta Personil gabungan TNI-Polri.

Pada kesempatan itu Wakapolres Manggarai Barat Kompol Sukanda mengatakan bahwa patroli bersama yang dilakukan TNI-Polri untuk memantau kesiapan TPS–TPS secara langsung, khususnya di wilayah Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat.

“Patroli dilakukan di 3 TPS diantaranya, TPS 02 Waemata, TPS 09 Desa Gorontalo, TPS 10 Desa Gorontalo, Kantor KPU dan Bawaslu serta kediaman para Paslon. Selama patroli berjalan lancar dan keadaan kondusif,” katanya.

Kompol Sukanda juga mengatakan, selama meninjau dan memonitoring TPS, rombongan bertemu langsung dengan Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Rombongan juga meninjau persiapan TPS mulai tempat tunggu, bilik suara dan alat–alat Protokol Kesehatan.

“Pengecekan kita lakukan tadi. Kita ingin tahu bagaimana persiapan yang dilakukan oleh TPS. Tujuan kita melihat TPS apakah ada yang kurang. Nanti bisa dilengkapi sebelum pencoblosan berlangsung,” ujar Wakapolres Manggarai Barat.

Ia berharap, tidak ada TPS yang kesulitan atau kekurangan persiapan dalam Pilkada serentak saat ini.

“Jangan sampai tidak berjalan atau macet di tengah jalan pencoblosan ini. Kami harap semua tersedia. Kalau kurang apa–apa bisa lapor ke PPK,” tambahnya.

Selain itu, ditempat terpisah Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. menyampaikan, kegiatan cek kesiapan TPS merupakan upaya untuk mengantisipasi adanya gangguan dan menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap aman dan kondusif.

“Upaya cek TPS ini kami gelar sebelum untuk memastikan kegiatan Pemilu tahun ini berjalan aman dan damai. Kita laksanakan patroli cek TPS. Kegiatan ini untuk memonitor dan memastikan pelaksanaan pendistribusian logistik Pilkada, kotak suara berjalan aman. Sehingga masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya bisa berlangsung tepat waktu,” ujar mantan Kapolres Rote Ndao ini.

Ada pun langkah–langkah taktis dan strategis dalam rangka menyukseskan Pilkada 2020 di masa pandemi Covid-19 saat ini terus dilakukan unsur TNI-Polri.

Pihaknya meminta seluruh lapisan masyarakat untuk bersama–sama menjaga keamanan, kenyamanan, dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) demi terciptanya Pilkada yang aman, damai, jujur dan adil.

“Mari kita bersama–sama menjaga kondusifitas Pilkada Manggarai Barat tahun 2020 ini. Tanpa adanya dukungan dari masyarakat mustahil Pilkada dapat berjalan aman dan kondusif,” tegas Kapolres.

Tak hanya itu saja, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. kembali menyampaikan kepada seluruh masyarakat Manggarai Barat bahwa Pilkada serentak akan digelar, hari Rabu (09/12/2020), dan meminta agar seluruh warga masyarakat menggunakan hak pilihnya dan jangan golput.

“Jangan lupa mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), selalu menggunakan masker, tetap menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum dan sesudah mencoblos. TNI-Polri siapa menjamin keamanan kenyamanan anda untuk datang ke TPS,” pungkas Kapolres Manggarai Barat. *[RS]*