Wisatawan Lokal Meninggal Di Kawasan TNK, Anggota KPPP Polres Mabar bersama Tim SAR Lakukan Evakuasi

Wisatawan Lokal Meninggal Di Kawasan TNK, Anggota KPPP Polres Mabar bersama Tim SAR Lakukan Evakuasi

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo-Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Polres Manggarai Barat (Mabar) bersama Basarnas Labuan Bajo dan Syahbandar Labuan Bajo melakukan evakuasi korban meninggal di puncak Pulau Padar Wilayah Taman Nasional Komodo (TNK), Jumat (18/3/2022) sekira pukul 11.20 Wita. 

Diketahui identitas korban R. Assuri A. Widianto. MT (64), asal Semarang berdomisili di jalan Politeknik No 296/13 LK XV Kowala Berkala Medan Johor. 


Diberitakan korban meninggal dunia setelah melakukan tracking di puncak Pulau Padar Kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kronologis kejadian sekira Pukul 07.00 wita korban bersama rombongan sebanyak 22 orang yang merupakan rombongan dari Politeknik Medan melakukan trip full day menggunakan speed boat new hope diseputaran Kawasan TNK. Salah satu yang pertama dikunjungi adalah Pulau Padar. 

Selanjutnya, sekira pukul  08.40 wita korban bersama rombongan didampingi guide  Edi setiawan melakukan tracking di puncak pulau padar.

Setelah sampai di puncak pulau Pasar sekira Pukul 09.30  Wita, kemudian korban bersama rombongan melakukan pemotretan. Sekira pukul 10.10 wita Korban bersama rombongan kembali dari puncak Pulau Padar menuju Pos tiketing korban. 

Selanjutnya, pada saat dalam perjalanan korban mengalami sesak nafas dan korban sempat menyampaikan ke tour guide bahwa dirinya ada penyakit jantung.

Kemudian, korban bersama rombak rombongan berjalan pelan-pelan. Beberapa saat kemudian ketika korban duduk beristirahat, tiba-tiba korban merasa sakit pada bagian dada dan pingsan selanjutnya korban di evakuasi menuju pos tiketing yang berada di Pantai untuk dilakukan pertolongan pertama oleh ranger dan petugas TNK, namun usaha tersebut tidak berhasil hingga korban meninggal dunia. 

Atas peristiwa, sekira pukul 11.30 wita korban di evakuasi menuju pelabuhan pelni labuan bajo dengan menggunakan speed boat new hope 6.

Sekira pukul 12.30 Wita korban tiba di pelabuhan Pelni, yang kemudian langsung tim dokter kesehatan pelabuhan dr. Regina melakukan pemeriksaan dan dinyatakan korban telah meninggal dunia. 

Selanjutnya, sekira pukul 13.05 Wita tim SAR gabungan melakukan evakuasi korban ke RS. Siloam Labuan Bajo untuk penanganan lebih lanjut. 

Selain itu, menurut informasi yang diperoleh dari keluarga korban menyatakan selama ini korban memiliki riwayat jantung.