Tinjau KRI Kresna 7004, Hal Ini Yang Disampaikan Kabaharkam Polri

Tinjau KRI Kresna 7004, Hal Ini Yang Disampaikan Kabaharkam Polri

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Dalam kunjungan kerjanya di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs. Arief Sulistyo, M.Si  didampingi  Ny. Niken Arief Sulistyo melakukan peninjuan serta pengarahan kepada Anak Buah Kapal (ABK) KRI 7004, Kamis ( 5/5/2022) sore. 

Saat melakukan peninjauan di KRI Kresna 7004, Kabaharkam Dirpolair didampingi Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol M. Yassin Kosasih, S.I.K., M.Si, Kepala Subbagian Penyelenggara Pelatihan (Kasubbaggarlat) Kombes Pol Julisa Kusumowardono, S.I.K, M.Si, Direktur Pol Airud Polda NTT Kombes Pol Nyoman Budiarja, S.I.K., M.Si, Direktur Pam Obvit Polda NTT  Kombes Pol Grendie Pidegso, Kapolres Mabar AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si.

Pada kesempatan itu Kabaharkam menyampaikan, tujuan kedatangan di Labuan Bajo. Pertama, momen silahturahmi idul Fitri karena itu, sebagai pimpinan, sebagai orang tua, sebagai kakak, kami ingin melihat lebih dekat kondisi awak kapal selama bertugas di wilayah perairan Polda NTT sekaligus mengobati kerinduan kalian kepada keluarga.

“Sebagai pimpinan saya menyampaikan Selamat hari raya idul Fitri maaf lahir batin mudah-mudahan kedepannya kita akan lebih baik lagi,” ucapnya.

Kedua, ingin melihat secara langsung kondisi kesehatan kalian yang ditugaskan sebagai awak kapal di antara ratusan kapal yang ada di Labuan Bajo, dalam rangka mendukung pengamanan di wilayah perairan Polda NTT.

Selain itu Juga, untuk mendukung keamanan destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo terutama mendukung program pemerintah.

Setelah melihat langsung kondisi kalian hari ini, saya akhirnya bisa tahu kendala-kendala yang dihadapi. Saya bersyukur karena kalian dalam kondisi sehat pada saat ini sudah sangat siap melaksanakan tugas pengamanan.

“Saya ingatkan, rekan-rekan perlu menjaga kesehatan, karena saat ini pandemi covid 19 masih terjadi di Indonesia dan seluruh dunia” tegasnya.

Lanjut dikatakan, walaupun situasi sudah agak renggang atau longgar saya tetap berharap agar seluruh personil tetap menjaga protokol kesehatan. Harus memberikan contoh dan menjadi teladan bagi masyarakat dalam rangka penanggulangan covid 19.

Berikutnya, tugas Direktorat Pol Airud dalam rangka penegakan hukum dalam rangka pemeliharaan Kamtibmas. Sejak beberapa bulan lalu saya menjabat sebagai Kabaharkam, begitu banyak prestasi yang ditorehkan direktorat Polair.

Diantaranya, penangkapan kayu ilegal, penangkapan minyak ilegal, penangkapan ganja dan penangkapan lobster yang didagangkan secara ilegal di Sumatera Selatan.

“Saya berharap seluruh awak kapal tetap memegang teguh profesionalitas dan pelayanan kepada masyarakat demi kelancaran upaya pengamanan destinasi pariwisata premium di Labuan Bajo, dan juga mencegah segala tindak kejahatan yang ada di perairan Labuan Bajo dan menegakkan hukum kegiatan yang mengancam aktivitas masyarakat di Labuan Bajo ini,” pintanya

Lanjut, Labuan bajo adalah tempat yang sangat potensial tempat tujuan wisata dunia. Terutama Taman Nasional Komodo karena satu-satunya di dunia,  karena itu kita harus bisa menjaga dan mengamankan seluruh aktivitas kepariwisataan secara utuh.

“Ini adalah tugas mulia dan diharapkan bisa menjalankan tugas dengan baik,” tandasnya.

Ia berharap dengan fasilitas kapal yang ada, dirawat dengan baik karena sarana ini merupakan sarana untuk menyelamatkan masyarakat dan untuk menyelamatkan kalian. 

“Kapal ini merupakan kapal milik negara yang dibiayai dari pajak rakyat sehingga harapannya semoga kapal ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Kabaharkam Polri menekankan, agar anggota tidak boleh melakukan tindakan yang merugikan masyarakat.

“Kegiatan pengamanan masyarakat adalah yang utama sehingga jangan sampai fasilitas yang negara berikan yang bersumber dari pajak rakyat diperlakukan sewenang-wenang atau berbuat enaknya untuk kepentingan lain yang menyakiti hati masyarakat,” tegasnya.

Dalam hal pembinaan, Komjen Pol Arief Sulistiyanto berharap komandan kapal, bisa memberi pembinaan, kontroling, motivasi seluruh personel yang ada di kapal ini untuk bisa bersinergi dengan satuan satuan lain yang ada di Labuan ini.

Karena itu merupakan tugas kalian untuk membangun sinergi dengan seluruh komponen masyarakat. Seluruh potensi masyarakat yang ada kita manfaatkan untuk bersama-sama mengelola Kamtibmas yang ada di wilayah ini.

Selain memberikan pengarahan, Kabaharkam Polri Juga memberikan bantuan secara simbolis kepada ABK kapal Kresna 7004.