Syarat Pinjam Pakai Senpi, Puluhan Anggota Polres Mabar Ikuti Test Psikologi

Syarat Pinjam Pakai Senpi, Puluhan Anggota Polres Mabar Ikuti Test Psikologi

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) yang dipimpin oleh Kabag Psikologi Biro SDM Polda NTT Kompol Dwi Chrismawan, M.Si,. M. Psi., Psikolog di dampingi Kabag SDM Polres Mabar AKP Hajairin, melaksanakan Pelayanan Psikologi terpadu kolektif (Pembekalan Kesehatan Mental Psikologis, Mapping Psikologis, Konseling Anggota dan Tes Psikologis terhadap calon pemegang Senpi Dinas Polri pada lingkungan Polres Manggarai Barat. 

Test psikologi tersebut dilaksanakan di gedung Kemala Bhayangkari Polres Mabar, Rabu (24/8/2022). 

Kapolres Mabar AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si melalui Kabag SDM Polres Mabar mengatakan ujian test psikologi yang diselenggarakan oleh Biro SDM Polda NTT merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun sekali. 

“Tujuannya untuk menguji mental anggota Polri di Polres Mabar yang akan memegang senjata Api,”ucapnya

Lanjut dikatakan, salah satu syarat agar anggota bisa memegang senjata api (Senpi) adalah dengan mengikuti ujian psikologi. 

“Anggota yang boleh memegang senpi adalah yang telah lulus ataupun memenuhi syarat setelah ujian psikologi,” terang AKP Hajairin

Selain itu, Kabag Psikologi Polda NTT Kompol Dwi Chrismawan, M.Si,. M. Psi., Psikolog saat memberikan arahan di hadapan anggota yang mengikuti test psikologi, Mengatakan Kehadiran tim dari Polda NTT memberikan pelayanan kepada anggota polres Mabar dalam hal ujian Psikologi yang akan memegang senjata api organik polri dengan metode sistem computerisasi. 

“Artinya, sistem pengetesan psikologi dilakukan dengan cara  Sistem Computer Assisted Test (CAT) online,” ujarnya. 

Perlu diketahui, setiap anggota Polri yang berhak untuk memegang senjata api adalah anggota memiliki mental yang baik, sehingga tidak disalahgunakan saat bertugas dilapangan.