Sinergitas TNI-Polri Bersama Masyarakat Deklarasikan Pilkades di Desa Lawi

Sinergitas TNI-Polri Bersama Masyarakat Deklarasikan Pilkades di Desa Lawi

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Menjelang pemilihan Kepala desa di Wilayah hukum Kepolisian Sektor Kuwus bersama Pos Babinsa 1612-08 MP dan masyarakat desa deklarasikan pemilihan Kepala Desa damai di Desa Lawi, Kabupaten Manggarai Barat, Senin (5/9/2022). 

Deklarasi damai yang diinisiasi oleh Kapolsek Kuwus itu, bertujuan untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan agar tercipta Pilkades di Desa Lawi berjalan dengan aman, jujur dan sukses.

Kegiatan itu dihadiri oleh Komandan Pos Babinsa 1612-08 MP Serka Fabianus Gabi, Pelaksana Tugas (PLT) Kades Lawi Fransiskus Janggur, Ketua Panitia Pilkades Desa Lawi Yuvenalis Arki, Ketua BPD Desa Lawi Agustus Nabat, Tokoh Masyarakat, Tokoh pendidik dan tokoh adat serta calon Kepala Desa Lawi. 

Pada kesempatan itu Kapolsek Kuwus Ipda Arsinlinus Lentar menyampaikan kehadiran Polri ditengah-tengah masyarakat merupakan salah satu bentuk tugas Kepolisian untuk memberikan Perlindungan, Pengayoman, melayani, menjaga sitkamtibmas serta menegakan hukum.

“ini adalah salah satu bentuk Pelayanan Polri dalam melayani apa yang yang di butuhkan oleh Masyarakat Desa Lawi,“ ucap Kapolsek Kuwus. 

Selain menyelenggarakan Deklarasi Pilkades Damai, lanjut Kapolsek Kuwus, kehadiran Polri juga untuk memberikan pencerahan hukum masyarakat, dimana Polri juga mempunyai sebuah Program yang bernama restoratife justice ialah sebuah program yang dimana menyelesaikan masalah dengan mengedepankan upaya damai secara kekeluargaan.

“Program ini selarasnya dengan budaya orang manggarai yang di mana menjunjung tinggi nilai-nilai budaya kekeluargaan yang sudah tumbuh dari dulu,” ucap Ipda Arsi. 

Kapolsek Kuwus berharap semoga pencerahan hukum dan Deklarasi Damai menjelang Pilkades di Desa Lawi, dapat merubah dan meninggalkan pola-pola hidup yang tidak sesuai yang dapat membuat gangguan sitkamtibmas, mempererat silahturahmi antara masyarakat Desa Lawi.

“Bantu kami polri sehingga sama-sama menjaga sitkamtibmas di Desa Lawi,” Tutupnya.