Kemenpan-RB Lakukan Pemeriksaan Pelayanan Publik di Polres Manggarai Barat

Kemenpan-RB Lakukan Pemeriksaan Pelayanan Publik di Polres Manggarai Barat

Tribratanewsmanggaraibarat.com- Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi lakukan pemeriksaan pelayanan publik seperti SKCK,Sidik jari,SIM,STNK di Polres Manggarai Barat. Kamis (18/10/18) Pagi. Pemeriksaan tersebut dalam rangka peningkatan pelayanan publik di lingkungan Polres Manggarai Barat.

Diwakili Dinda Puspaningtyas dan Carina Firstca Utomo, pihak Kemenpan RB melakukan sejumlah pemeriksaan antara lain pengecekan ruang pelayanan SKCK, pengecekan pelayanan SIM dan STNK, pendalaman dokumen pendukung (SOP, standar pelayanan, dan kode etik) serta membahas terkait aturan dan standar pelayanan publik.

Tampak juga hadir Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono, S.I.K, M.Si, Kasat Intelkam Polres Mabar Iptu Cakra Mudra, S.I.P, Kasat Lantas Polres Mabar Iptu Firamuddin, KBO Sat Intelkam Aiptu I Made Subrata, Paur Progar Bag Ren Res Mabar Aipda Junaidin, Kaur Mintu Sat Intelkam Bripka I Gede Joni Merta Astika, serta Bamin Siwas Polres Mabar Brigpol I Gede Sanjaya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono S.I.K, M.Si menyampaikan bahwa Polres Manggarai Barat telah memiliki solusi untuk mengatasi antrian panjang sidik jari yakni dengan program pengambilan sidik jari di SMA.

“Polres Mabar dalam hal ini Unit Pelayanan Sidik Jari (Identifikasi Sat Reskrim Polres Mabar) mempunyai program untuk melaksanakan pengambilan sidik jari ke sekolah - sekolah agar nantinya pada saat para siswa lulus sekolah (SMA) dan memerlukan SKCK untuk keperluan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi (Kuliah) tidak terjadi penumpukan/antrian panjang untuk pengambilan sidik jari” terang Kapolres

Selain itu, ia juga menginformasikan bahwa Polres Mabar telah berinovasi dalam mempermudah pembuatan SIM, SKCK, dan Ijin Kegiatan Masyarakat . Inovasi tersebut dalam bentuk aplikasi online bernama Komodo Police Online yang dapat langsung di download melalui smartphone dan aplikasi sudah bisa diunduh di android play store dan langsung diakses oleh masyarakat Manggarai Barat.

“Polres Mabar telah memiliki aplikasi online (Komodo Police Online) yang bisa diakses oleh masyarakat dalam pembuatan SIM, SKCK dan Ijin Kegiatan Masyarakat” tambah Kapolres Manggarai Barat”

Mendengar hal tersebut pihak Kemenpan-RB mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan oleh Polres Manggarai Barat.