Polres Mabar, Amankan Aksi Demo Masyarakat Adat Boleng

Polres Mabar, Amankan Aksi Demo Masyarakat Adat Boleng

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Personel Polisi dari Polres Manggarai Barat melakukan pengamanan  aksi demonstrasi dari masyarakat adat Boleng Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Selasa (10/1/2023).

Masyarakat adat Boleng yang berjumlah kurang lebih 50 orang menggelar aksi demonstrasi di empat tempat di antaranya Kantor Pemda Mabar, Polres Mabar, Kantor BPN dan DPRD Kabupaten Mabar.

Kepala Seksi Humas Iptu Eka Dharma Yudha mengungkapkan, untuk mengamankan jalannya aksi Polres Mabar menerjunkan ratusan personel terdiri dari pengaman terbuka maupun pengamanan tertutup. 

“Sebanyak 141 personel kita terjunkan untuk mengamankan jalannya aksi demonstrasi. Pelibatan personel dalam jumlah yang banyak untuk mengamankan masa aksi, maupun objek yang menjadi tujuan aksi demo,” ujarnya.

Sebelum melakukan aksi, Ipda Heri Suryana mengimbau kepada peserta aksi agar selalu menjaga ketertiban dan situasi kamtibmas. 

“Kami minta agar, lakukan aksi demonstrasi dengan tertib,” imbuhnya. 

Aksi Demonstrasi pertama digelar di Kantor Pemda Mabar. Saat di Pemda Mabar, masa aksi tidak ditemui pejabat Pemda. 

Dilanjutkan aksi kedua di Mapolres Manggarai Barat. Di Mapolres Mabar peserta aksi di terima oleh Kabag Ops Polres Mabar AKP Roberth M. Bolle.

Dalam aksi tersebut, peserta demo tampak membawa Spanduk berisi kata-kata, “Satu Barisan Lawan Mafia Tanah di Manggarai Barat, Stop Pecah Belah Masyarakat Adat dan Stop Kriminalisasi masyarakat adat”. 

Dalam aksi itu, Koordinator aksi Doni Parera menyampaikan untuk mencegah semua konflik, terutama konflik tanah yang banyak terjadi di Kecamatan Boleng, perlunya memelihara dan melestarikan adat budaya dan eksistensi masyarakat adat. 

Sesuai menggelar aksi demonstrasi, Koordinator aksi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada aparat Polres Mabar yang telah mengamankan jalannya aksi dengan aman dan tertib.