Peduli Lingkungan, Polisi Bersama Pelajar dan Masyarakat Bersihkan TPI Labuan Bajo

Peduli Lingkungan, Polisi Bersama Pelajar dan Masyarakat Bersihkan TPI Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepolisian Resor Manggarai Barat bersama masyarakat dan pelajar bekerja sama secara bergotong-royong membersihkan sampah di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis (13/07/2023) pagi.

Aksi tersebut merupakan bagian dari program Bapak Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan 

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., yang didampingi oleh Wakapolres Mabar, Kompol Budi Guna Putra, S.I.K. serta sejumlah Perwira Polres Manggarai Barat. 

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., menjelaskan aksi pembersihan sampah ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan dan ekosistem di Kabupaten Manggarai Barat yang sudah ditetapkan sebagai kawasan destinasi pariwisata super premium. 

Selain itu, Perwira berpangkat AKBP itu juga ingin menyampaikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan, terutama di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuan Bajo. 

"Kita melaksanakan aksi ini bersama-sama dengan masyarakat dan pelajar serta para pedagang, agar mereka terdorong untuk peduli terhadap lingkungan di masa yang akan datang," ujar Kapolres Mabar.

Mantan Kapolres Alor itu berharap melalui aksi pembersihan sampah ini, masyarakat akan lebih memperhatikan lingkungan sekitar. 

"Kami berharap agar masyarakat menjadi sadar akan pentingnya hidup sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan," harapnya.

Sementara itu salah seorang pedagang di TPI Labuan Bajo yang diketahui bernama Haji Toleng mengatakan, kegiatan bersih lingkungan yang dilakukan oleh Polres Manggarai Barat ini diharapkan dapat diikuti oleh masyarakat, khususnya pedagang maupun warga sekitar Tempat Pelelangan Ikan.

Ia menyebut karena dengan tempat jualan yang bersih keindahan akan tercipta, wisatawan maupun warga lokal pun pasti merasa nyaman saat datang berbelanja atau mengunjungi kawasan tersebut.

"Saya berterima kasih atas dukungan dan partisipasinya bapak-bapak kepolisian, khususnya Polres Manggarai Barat yang melakukan bersih-bersih di kawasan TPI Labuan Bajo ini, sehingga masyarakat turut serta melakukan kegiatan tersebut dengan dukungan dari Polri saya ucapkan terima kasih," ucap Pak Haji sapaan akrabnya.

Tak hanya itu, dukungan masyarakat juga datang dari pelajar SMAN 1 Komodo, Tara yang menginginkan lingkungan di TPI maupun pesisir pantai dapat bersih dari sampah.

"Sangat bersyukur dapat mengikuti kegiatan ini, dimana dapat turut serta dalam menjaga dan meningkatkan rasa semangat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan serta bisa berinteraksi dengan banyak orang," ungkap Tara.

Selain itu, beberapa permintaan juga disampaikan oleh para Siswi dari SMPN 8 Komodo yang menyebut bahwa kepedulian Polri terhadap lingkungan sangat luar biasa dan berharap masyarakat dapat mendukung kegiatan ini kedepannya.

"Kami minta agar masyarakat Labuan Bajo jangan membuang sampah disembarang tempat karena dapat merusak lingkungan dan kepada wisatawan agar tetap menjaga kebersihan lingkungan sehingga kita dapat menikmati keindahan Labuan Bajo bersama," harap para siswi itu.**#