Peduli Lingkungan, Kapolda NTT Bersama Elemen Masyarakat Pungut Sampah di Pantai Pede Labuan Bajo

Peduli Lingkungan, Kapolda NTT Bersama Elemen Masyarakat Pungut Sampah di Pantai Pede Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. memungut sampah di Pantai Pede Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Sabtu (10/10/2020) pagi.

Sebelum kegiatan berlangsung tampak sampah yang berserakan maupun yang menumpuk di bibir pantai dan sekitarnya. Baik sampah plastik maupun bekas bungkusan makanan para pengunjung.

Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., tidak segan–segan memungut sampah plastik yang berserakan di pinggir pantai yang menjadi area rekreasi warga Labuan Bajo tersebut.

Hal tersebut dilakukannya dalam kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Peduli Lingkungan, Kapolda NTT bersama TNI dan Instansi terkait beserta masyarakat di Pantai Pede Labuan Bajo.

Setelah berjalan sesaat menyusuri pesisir pantai, Kapolda NTT yang mengenakan masker tangan mengambil sebuah kayu untuk membantu memungut sampah.

Sampah yang dipungut, selanjutnya dimasukkan dalam kantong plastik hitam yang telah disediakan.

Walaupun keringat bercucuran, Kapolda NTT terlihat antusias mengarahkan para anggotanya dan memungut sampah di sepanjang pesisir pantai.

Turut mendampingi Dirpamobvit Polda NTT Kombes Pol. Grendie Teguh Pidegso, S.I.K., Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Jo Bangun, S.Sos., S.I.K., Kabiddokes Polda NTT Kombes Pol. dr. Sudaryono, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. dan Komandan Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo, Iptu Raimundo De Jesus, S.H. serta Pejabat Utama (PJU) Polres Manggarai Barat.

Dalam kegiatan itu Polri dan TNI bekerja sama dengan sejumlah pemuda yang tergabung dalam Himpunan Pemuda Batu Cermin (HIPBC) serta komunitas pemerhati lingkungan lainnya. Aksi bersih pantai ini berlangsung dari pukul 09.00 Wita sampai pukul 10.30 Wita.

Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. dalam apel sebelum kegiatan mengatakan, sampah plastik harus diperangi secara bersama, terlebih di Labuan Bajo yang telah ditetapkan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo sebagai destinasi Wisata Super Premium.

Menjaga kebersihan, lanjut Orang nomor 1 di Kepolisian Daerah NTT itu, sudah merupakan kewajiban bersama demi meningkatkan pariwisata di Labuan Bajo.

Kapolda NTT berharap agar seluruh komponen masyarakat dan instansi terkait bersama TNI-Polri menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, baik pantai maupun beberapa tempat wisata lainnya.

“Kita harus budayakan bahwa kebersihan itu adalah salah satu bagian hidup masyarakat di Labuan Bajo. Kita harus selalu memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” katanya.

Sebab menurut Kapolda, keinginan wisatawan akan berkurang mengunjungi Labuan Bajo apabila kebersihannya tidak terjaga dengan baik.

“Apabila ke pantai dan membawa makanan jangan lupa bungkusan dan sisa makanan untuk simpan di tempat sampah, jangan buang sembarangan,” pesannya

Kapolda NTT juga berharap agar kegiatan menjaga kebersihan tersebut selalu dilakukan secara bersama–sama

“Kegiatan ini jangan hanya bersifat seremonial, jadikan ini budaya,” tegasnya.

Menurutnya, jika daerah atau kota memiliki lingkungan yang bersih, maka akan mendapatkan citra yang baik dan tentunya berdampak pada peningkatan pariwisata di Labuan Bajo.

“Bersih kota saya, bersih lingkungan, maka akan mendapatkan citra yang baik,” katanya.

Terakhir, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. juga mengimbau, bagi seluruh masyarakat yang datang berekreasi di kawasan pantai Labuan Bajo, bila perlu datang dengan membawa kantong plastik.

“Sehingga sampah–sampah yang mau dibuang, terlebih dulu masukan di kantong, lalu dibuang ke tempat sampah, tidak boleh ada yang berserakan. Karena plastik-plastik ini yang membuat lingkungan tercemar, akibatnya nanti masyarakat tidak nyaman,” imbuh Kapolda NTT.*[RS]*