Pastikan Wisata Aman, Kapolres Mabar Cek Pengamanan di Pelabuhan Marina Labuan Bajo

Pastikan Wisata Aman, Kapolres Mabar Cek Pengamanan di Pelabuhan Marina Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Manggarai Barat, AKBP Christian Kadang, S.I.K. mengecek pengamanan di Pelabuhan Marina Labuan Bajo, yang menjadi akses masuk menuju kawasan Taman Nasional Komodo, Rabu (07/08/2024) pagi.

Terlihat, Kapolres Mabar memantau langsung personil Polres Manggarai Barat yang melaksanakan kegiatan pengamanan dan pelayanan optimal bagi masyarakat maupun wisatawan.

"Saya ingin memastikan dengan melakukan pengecekan secara langsung terkait pengamanan akses masuk ke kawasan Taman Nasional Komodo melalui Pelabuhan Marina," kata Kapolres Mabar.

Dalam pengecekan itu, Ajun komisaris besar polisi ini pun menyempatkan diri untuk menyapa langsung para wisatawan yang hendak melakukan perjalanan wisata menuju kawasan TNK.

"Saya juga memastikan para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang tengah berlibur disini merasa aman dan nyaman," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, dirinya juga memberikan imbauan keselamatan kepada para wisatawan, selama berlayar menuju habitat asli Komodo ini maupun sekembalinya dari kawasan itu.

"Saya berikan imbauan-imbauan terkait dengan keselamatan wisatawan selama berada di kapal. Seperti menaati aturan-aturan yang berlaku dalam pelayaran maupun semua petunjuk yang diberikan pemandu wisata (tour guide)," ujar AKBP Christian Kadang, S.I.K.

Selain memberikan imbauan ke para wisatawan, ia turut memberikan beberapa penekanan kepada nahkoda kapal dan agen perjalanan wisata.

"Kami juga ingatkan kepada para kapten kapal dan ABK serta agen perjalanan wisata, agar memperhatikan keselamatan pelayaran. Mulai dari ijin berlayar, data manifes penumpang dan jumlah life jacket harus sesuai serta jangan sampai kelebihan kapasitas kapal," tutur Perwira menengah itu.

"Dan yang tidak kalah pentingnya adalah faktor cuaca, bila cuaca tidak mendukung untuk melakukan pelayaran hendaknya menunda keberangkatan sampai cuaca benar-benar aman," tambahnya.

Kapolres Mabar juga mengapresiasi kerja sama yang selama ini sudah terjalin dengan instansi terkait, yang diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada wisatawan dan masyarakat setempat.

"Sinergi antara kepolisian dengan TNI, Pemda, KSOP, Basarnas, Asosiasi Pariwisata dan instansi terkait lainnya dapat terus berjalan, terutama dalam kolaborasi untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan dan masyarakat di Destinasi Pariwisata Super Premium Labuan Bajo," harapnya.

Terakhir, mantan Danyon A Resimen III Pasukan Pelopor Korbrimob Polri ini memastikan bahwa Labuan Bajo, aman untuk dikunjungi dan menjamin keamanan serta kenyamanan wisatawan saat berwisata di Labuan Bajo.

"Manggarai Barat aman dan nyaman untuk dikunjungi. Kami menjamin keamanan seluruh masyarakat dan wisatawan yang berada di Labuan Bajo maupun yang akan berkunjung ke Labuan Bajo termasuk menjamin keamanan di lokasi objek wisata," pungkasnya.**#