Pasca Pemilu, TNI-Polri Rutin Patroli Malam di Labuan Bajo

Pasca Pemilu, TNI-Polri Rutin Patroli Malam di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Meski Pemilihan Umum (Pemilu) sudah terselenggara, namun puluhan petugas TNI-Polri dikerahkan untuk melaksanakan Patroli di Kota Super Premium Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Sabtu (17/02/2024) malam.

Kegiatan patroli gabungan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata Turangga 2024 untuk menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif dan mendukung pelaksanaan tahapan pemungutan serta penghitungan suara Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Petugas gabungan tersebut juga dilengkapi dengan kelengkapan inventaris dinas untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan kenyamanan ditengah-tengah masyarakat.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kabag Ops, Kompol Roberth M. Bole mengatakan puluhan personel tersebut terdiri dari personil Koramil 1612-02/Komodo, Brimob Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo, dan Polres Manggarai Barat.

"Kegiatan patroli ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi antara TNI-Polri dalam mengawal kelancaran proses Pemilu yang aman, damai dan sejuk," kata Kabag Ops pada Minggu (18/02/2024) pagi.

Ia menjelaskan, puluhan petugas tersebut berkeliling untuk mengamankan seluruh wilayah di Manggarai Barat dari gangguan kamtibmas.

Adapun sasaran patroli malam selain kantor Kecamatan Komodo, juga pihaknya mengunjungi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta objek vital lain yang terkait dengan pelaksanaan Pemilu.

"Kami mobile terus, memastikan seluruh lokasi aman. Jadi bila ada konflik, secepatnya bisa ke lokasi," ujarnya saat dikonfirmasi.

Tak hanya petugas gabungan yang melaksanakan patroli, pasca Pemilu sejumlah petugas TNI dan kepolisian juga disebar untuk mengamankan pemungutan dan penghitungan suara hingga perekapan suara, mulai dari TPS sampai dikumpulkan di kantor Kecamatan.

"Setiap kecamatan ada ratusan personil TNI-Polri yang melaksanakan pengamanan. Sampai hari ini, personil yang sebelumnya jaga TPS juga masih lanjut mengamankan di PPK," jelas Kompol Roberth.

Selain itu, Kabag Ops juga mengimbau kepada seluruh peserta Pemilu di Kabupaten Manggarai Barat, agar siap mendukung siapapun pemenangnya untuk menghindari konflik yang dapat mengganggu Kamtibmas pasca pemilihan.

Dan bagi siapapun yang terpilih nantinya, ia berharap, akan membawa bangsa dan negara Indonesia ke arah yang positif dan lebih baik lagi untuk lima tahun ke depan.

"Saya mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga stabilitas keamanan daerah. Silahkan menunggu hasil penghitungan suara yang ditetapkan oleh KPU, namun diharapkan tetap tertib dan menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing," imbau komisaris polisi itu.

Tak lupa, Kompol Roberth mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait, yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 ini.

"Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung dan menjaga kondusifitas, sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar," tutupnya.**#