Lebih dekat dengan Masyarakat, Polres Manggarai Barat luncurkan Aplikasi Komodo Police Online

Lebih dekat dengan Masyarakat, Polres Manggarai Barat luncurkan Aplikasi Komodo Police Online

Tribratanewsmanggaraibarat.com- Bertepatan dengan perayaan Karnaval Komodo 2018. Polres Manggarai Barat meluncurkan pelayanan publik online berbasis aplikasi di Lapangan Kampung Ujung, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat. Selasa (23/10/18) Kemarin.

Bernama Komodo Police Online, aplikasi ini merupakan bentuk inovasi Polres Manggarai Barat yang mengusung konsep Smart Police System, sistem keamanan berbasis aplikasi smartphone.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa S.IK, Msi. melalui Iptu Cakra Mudra SIP, selaku Kasat Intelkam Polres Manggarai Barat menjelaskan bahwa dengan kelengkapan informasi kepariwisataan dan fitur tanggap darurat yang disematkan, aplikasi ini berupaya menjamin kebutuhan informasi para wisatawan serta menghadirkan rasa aman kepada masyarakat.

"Info lokasi tempat wisata, hotel, SPBU, ATM, informasi ramalan cuaca hingga informasi pasang surut air laut serta kontak-kontak penting seperti Basarnas, Call Center Polres Manggarai Barat, Polisi Perairan, Pos Angkatan Laut, Rumah Sakit, Kantor Kesyahbandaran, hingga Pos Polisi/Polsek terdekat tersedia dalam aplikasi tersebut" jelas Iptu Cakra Mudra, seperti dikutip dari floreseditorial.com, Selasa (23/10/2018)

Dilansir dari laman floreseditorial, 23 Oktober 2018, Melalui fitur utama "Panic Button". Kini masyarakat dapat langsung melaporkan kejadian darurat dengan hanya menekan tombol panik yang selalu terhubung dengan seluruh Anggota Polres Manggarai Barat. Dan sekaligus jadi upaya pihak kepolisian untuk lebih dekat dengan masyarakat.

"Berbagai situasi darurat bisa dilaporkan semudah dengan menekan “Panic Button”. Seketika tombol panik ditekan maka lokasi kejadian darurat yang dilaporkan bisa langsung terdeteksi. Fitur ini diharapkan digunakan dengan bijak dan cermat, masyarakat yang mau menggunakan fitur ini terlebih dahulu harus mengunggah foto KTP dan foto dirinya serta mendaftarkan nomer teleponnya,” tambahnya

Tidak hanya itu, melalui aplikasi ini Polres Manggarat Barat juga berkomitmen untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas pelayanan publik dengan menyematkan fitur formulir registrasi online seperti pembuatan SIM, STNK, SKCK, SP2HP hingga izin keramaian.

"Dalam aplikasi masyarakat bisa mengisi terlebih dahulu formulir permohonan untuk kemudian ketika datang ke Polres tinggal melampirkan berkas-berkas yang dibutuhkan" jelas Kasat Intelkam, seperti dikutip dari floreseditorial Selasa (23/10/2018)

[caption id="attachment_6911" align="aligncenter" width="300"] Suasana kegiatan pengenalan aplikasi komodo police online pada karnaval komodo 2018 Suasana kegiatan pengenalan aplikasi komodo police online pada karnaval komodo 2018[/caption]

Dikutip dari laman floreseditorial, selasa (23/10/2018), Berikut Gambaran umum perihal Aplikasi Komodo Police Online

• Komodo Police Online adalah aplikasi berbasis android yang dikembangkan untuk membantu masyarakat di wilayah Polres Manggarai Barat agar bisa memberikan laporan ke polisi dengan cara yang lebih praktis dan juga menghadirkan kemudahan informasi seputar Manggarai Barat.

• Aplikasi Komodo Police Online dapat didownload secara gratis lewat Google Playstore bagi pengguna SmartPhone Android

• Untuk pengguna iOS & WindowsPhone bisa mengakases lewat website www.labuanbajo.polisi-online.com

• Untuk dapat menggunakan aplikasi dan mengakses semua fitur yang tersedia, pengguna wajib mengaktifkan fitur GPS serta mengisi formulir pendaftaran dengan upload foto pribadi serta melampirkan copy tanda identitas diri dalam bentuk foto sesuai formulir yang ada diaplikasi.

Berita ini telah tayang di floreseditorial.com Dengan judul "Ini Salah Satu Cara Kepolisian Mabar Jamin Keamanan Masyarakat dan Pariwisata di Mabar". (https://www.floreseditorial.com/news/ini-salah-satu-cara-kepolisian-mabar-jamin-keamanan-masyarakat-dan-pariwisata-di-mabar)