Kunjungan Hari Kedua, Wakapolri Cek Pos Penempatan Personil BKO di Labuan Bajo

Kunjungan Hari Kedua, Wakapolri Cek Pos Penempatan Personil BKO di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Selama dua hari kunjungan di Labuan Bajo, Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komjen. Pol. Prof. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si. bersama Irwasum Polri Komjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si, Dankor Brimob Polri Komjen. Pol. Drs. Anang Revandoko, M.I.Kom., Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum. dan Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. juga melakukan pengecekan pos penempatan personel Bantuan Kekuatan Operasi (BKO) dari anggota Polda NTT dan Mabes Polri di tiga lokasi yaitu, Hotel Plago Labuan Bajo, Aula Paroki Wae Kesambi dan Balai Latihan Kerja milik Pemda Manggarai Barat. Kamis, (27/04/2023) pagi.

BKO Polda NTT dan Mabes Polri dilakukan, dalam rangka membantu melakukan pengamanan saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit Ke-42 yang dihelat pada 9-11 Mei 2023 mendatang di Labuan Bajo.

Pantauan di lokasi, Wakapolri melakukan pengecekan pertama di Hotel Plago Labuan Bajo, dan langsung melihat kondisi ruangan yang telah disediakan. Usai pengecekan, Wakapolri langsung menuju Aula Paroki Wae Kesambi dan BLK Pemda Mabar serta langsung melihat kondisi ruangan yang telah disediakan.

"Kita menerima bantuan pasukan BKO dari Mabes Polri dan Polda NTT, jadi kita akan tempatkan di Hotel Plago Pantai Pede, Aula Paroki Wae Kesambi dan BLK Pemda Manggarai Barat, berarti otomatis kita menyiapkan sarana prasarananya untuk pos tempat tinggalnya, tempat tidurnya maupun sarana mck nya, setelah di cek oleh Bapak Wakapolri, alhamdulilah tiga tempat ini cukup memadai untuk ditempati," kata Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M.

Alumni Akpol angkatan tahun 2004 itu mengatakan, sejumlah personel yang berjumlah sekitar 1.660 orang itu akan tiba di Labuan Bajo pada 2 Mei.

"Sengaja tiba pada tanggal begitu karena nanti masih harus latihan bersama lagi sebelum pengamanan pada hari H," imbuhnya.

Nantinya, lanjutnya, akan ada pula tambahan personel dari Mabes Polri yang membantu, mendukung, dan menjaga keamanan di Labuan Bajo selama KTT ASEAN.

Perwira dengan bunga dua dipundaknya itu juga mengatakan untuk pengamanan para menteri dan delegasi dari negara anggota ASEAN akan dikawal oleh aparat kepolisian.

"Ini kan pertemuan kepala negara, sehingga yang menjadi leading sector adalah TNI, Polri hanya mendukung saja. Jika ada yang kurang-kurang, namun ada juga pertemuan tingkat menteri-menteri, yang tentunya menjadi tanggung jawab Polri," ujarnya.

Partisipasi masyarakat, khususnya di Labuan Bajo, sangat diperlukan. Karena itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bersama sama mendukung pelaksanaan KTT ASEAN agar berjalan kondusif. Hingga kini, situasi dan keamanan di wilayah hukum Polres Manggarai Barat berjalan dengan kondusif.**#