Kapolres Mabar Dampingi Wakapolri Cek Kesiapan KTT ASEAN Summit di Labuan Bajo

Kapolres Mabar Dampingi Wakapolri Cek Kesiapan KTT ASEAN Summit di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kota Labuan Bajo merupakan ibu kota kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang tunjuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit Ke-42 yang dihelat pada bulan Mei 2023 mendatang.

Penyelenggaraan event berskala internasional ini tentunya harus dipersiapkan dengan matang, baik dari segi keamanan, kenyamanan dan Kamseltibcar Lantas. 

Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komjen. Pol. Prof. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si., bersama Irwasum Polri Komjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si, Dankor Brimob Polri Komjen. Pol. Drs. Anang Revandoko, M.I.Kom., Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum. dan Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melakukan peninjauan di sejumlah titik venue ASEAN Summit guna memastikan persiapan dan kesiapan sarana maupun prasarana, Rabu (26/04/2023) kemarin.

Lokasi yang dikunjungi diantaranya VIP Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo, Jalur utama dalam Kota Labuan Bajo, Hotel Meruorah Labuan Bajo, Hotel Sudamala Labuan Bajo, Hotel Ayana Komodo dan 91 Command Center serta prasarana kapal-kapal wisata yang akan digunakan oleh para kepala negara ASEAN dan para delegasi.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. mengatakan, Wakapolri beserta rombongan turun langsung melihat kesiapan sarana prasaran dalam mendukung kegiatan ASEAN Summit disejumlah lokasi yang nantinya dikunjungi oleh kepala negara ASEAN dan para delegasi. 

"Hari ini Bapak Wakapolri cek kesiapan sarana prasarana yang akan dikunjungi oleh para kepala negara. Hasilnya, bahwa kesiapan venue sudah mendekati 100%. Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik, aman dan lancar," kata alumni Akpol angkatan 2004 itu, Kamis (27/04/2023) siang.

"Peninjauan venue ASEAN Summit merupakan bukti dan semangat Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam mendukung dan menyambut kegiatan KTT ASEAN Summit Ke-42 ini," pungkasnya.

Selanjutnya rombongan Wakapolri mengarah Hotel Sudamala Labuan Bajo dan Hotel Ayana Komodo untuk meninjau dan berkoordinasi dengan pihak hotel masalah sarana dan prasarana yang dibutuhkan para delegasi yang akan menginap disana.

Sebelumnya rombongan juga menyempatkan melakukan pengecekan lokasi dan sarana prasarana di 91 Command Center yang berada di kawasan Patung Caci Labuan Bajo.

Terakhir, rombongan melaksanakan peninjauan ke kawasan Marina Labuan Bajo, disana Wakapolri memastikan kepada pihak angkutan laut atau pengelola kapal wisata untuk segera memperbaiki serta menyiapkan sarana prasarana maupun alat keselamatan.

"Untuk kapal wisata wajib dilengkapi peralatan keselamatan yang lengkap, yakni perlengkapan keselamatan seperti life jacket, life raft, perlengkapan pencegahan kebakaran, perlengkapan navigasi, radio komunikasi dan pencegahan pencemaran, serta tetap memperhatikan aspek kenyamanan wisatawan maupun para delegasi. Sehingga dapat terus menjaga citra positif Labuan Bajo sebagai kawasan pariwisata super premium," ungkap AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M.**#