Kapolres Manggarai Barat Pimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Patuh 2022

Kapolres Manggarai Barat Pimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Patuh 2022

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepolisian Resor Manggarai Barat (Polres Mabar) akan melaksanakan kegiatan Operasi Patuh Turangga 2022 selama dua minggu terhitung mulai dari tanggal 13 Juni 2022 sampai dengan tanggal 26 Juni 2022.

Berkaitan dengan hal itu, Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si memimpin secara langsung upacara gelar pasukan yang digelar di Lapangan Apel Polres, Senin (13/2022).

Pelaksanan apel gelar pasukan itu sendiri dihadiri juga oleh Wakapolres Mabar Kompol Sepuh Ade Irsyam Siregar, SH., S.I.K., M.H, beserta seluruh pejabat utama dan anggota Polres. 

Dalam Operasi Patuh Turangga kali ini, ada empat hal yang menjadi fokus pelaksanaan tugas sesuai Undang-Undang (UU) nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan yakni, Pertama. Mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (kamseltibcar lantas), Kedua. Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, Ketiga. Membangun budaya tertib berlalu lintas, dan Keempat. Meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Keempat hal tersebut memiliki kompleksitas yang tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri, sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak,” Kata AKBP Felli. 

Lanjut ditambahkan, salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.

“Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Hal itu dapat ditunjukkan dari pengguna lalu lintas. Kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah,” tandasnya.

Lebih lanjut, AKBP Felli mengatakan Operasi patuh ini merupakan jenis operasi Harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19. 

Sasaran operasi ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu serta kamseltibcarlantas penyebaran covid-19

Diharapkan operasi patuh tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas laka lantas, meminimalisir kemacetan lalu lintas, meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 serta terwujudnya kamseltibcarlantas yang mantap, tambahnya. 

Kegiatan Operasi patuh merupakan Operasi yang dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas di seluruh Indonesia, Lebih khusus di Kabupaten Mabar akan dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Mabar. 

Berkaitan dengan kegiatan Operasi patuh ini, Kapolres Mabar melalui Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Iptu Royke Weridity menyampaikan Pelaksanaan operasi Patuh Turangga tidak ada penegakan hukum dengan tilang manual, namun tindakan yang akan diambil menggunakan dua cara yaitu tilang Elektronik Etle statis dan Tilang Mobile.

“Tidak ada tilang manual dalam kegiatan operasi ini, namun apabila ditemukan adanya pelanggaran yang sangat membahayakan pengguna jalan yang lain tentu akan kita tindak sesuai perundang-undangan yang berlaku, tutur Iptu Roy.