Kapolres Mabar Pimpin Upacara Tabur Bunga di Laut Dalam Rangka Peringati Hari Bhayangkara Ke 74

Kapolres Mabar Pimpin Upacara Tabur Bunga di Laut Dalam Rangka Peringati Hari Bhayangkara Ke 74

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara Ke 74, Kapolres Manggarai Barat AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si., memimpin upacara tabur bunga di dermaga Pelabuhan Pelni Labuan Bajo, Senin (29/6/2020) sore.

Dalam upacara itu selaku Inspektur Upacara ialah Kapolres Mabar dan sementara itu Komandan Upacara yakni Ipda Abnel Tamonob.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Wakapolres Mabar Kompol Sukanda, Pejabat Utama Polres Mabar, Danki Brimob Iptu Raimundo De Jesus, S.H., satu peleton Brimob Subden 4 Den B Pelopor Labuan Bajo, satu peleton Satuan Samapta Polres Mabar, satu peleton Satuan Lalu Lintas serta satu peleton gabungan Sat Intel, Sat Reskrim, Sat Narkoba, Sat Tahti dan Staf Polres Mabar.

Melalui giat tersebut, Kapolres mengajak seluruh personil yang hadir mengikuti upacara untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia, maka perlu mengenang jasa pahlawan adalah hal yang penting, sebab karena jasa para pahlawan yang berjuang dalam mengorbankan harta dan nyawa untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bukanlah hal yang mudah. 

“Sekarang kita hanya menikmati hasil perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur. Oleh sebab itu, paling tidak mari kita menjaga hasil perjuangan mereka, salah satunya dengan mengingat akan jasa-jasa mereka,” kata Kapolres AKBP Handoyo.

“Melakukan kegatan-kegiatan positif di tengah-tengah masyarakat, bararti kita mengenang dan menghargai serta menghormati para jasa pahlawan kita,” tambahnya.

Lanjut Kabag Ops Polres Mabar AKP Roberth M. Bolle, S.Psi. menjelaskan, rangkaian kegiatan upacara tabur bunga dimulai dengan penghormatan kepada arwah Pahlawan.

“Kemudian mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dipimpin oleh inspektur upacara,” kata dia.

Lebih lanjut, jelasnya, pelarungan bunga kepada arwah pahlawan oleh inspektur upacara.

“Kegiatan berlanjut dengan penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan dan dipimpin oleh komandan upacara,” pungkas dia.

Dalam upacara yang dilaksanakan dengan penuh khidmat itu tetap menerapkan standar protokol pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 yakni dengan menjaga jarak dan memakai masker.*[RS]*