Gerak Cepat Polisi di Labuan Bajo, Mengevakuasi Ibu Hamil Dari Pulau Terpencil

Gerak Cepat Polisi di Labuan Bajo, Mengevakuasi Ibu Hamil Dari Pulau Terpencil

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Seorang ibu hamil di Pulau Messa, Desa Pasir Putih, Kabupaten Manggarai Barat, dievakuasi Satuan Polairud bersama Ditpolairud Polda NTT Markas Unit (Marnit) Labuan Bajo, Rabu (21/12/2022) dini hari. 

Ibu hamil yang diketahui bernama Dina (20), di evakuasi menggunakan KP Raijua 3005 oleh anggota Satuan Polairud Polres Mabar dan Polairud Direktorat Polda NTT Marnit Labuan Bajo di pimpin langsung oleh Kasat Polairud Iptu Wayan Merta. 

Kapolres Mabar AKBP Felli Hermanto S.I.K., M.Si melalui Kasat Polairud Iptu Wayan Merta mengungkapkan pada  Selasa (20/12/2022) sekira pukul 22.30 WITA diperoleh informasi dari Kepala Desa Pasir Putih Mustamin bahwa ada seorang pasien ibu hamil yang telah di tangani oleh medis di Pulau Mesa membutuhkan bantuan untuk dievakuasi ke Labuan Bajo karena tidak ada kapal yang memadai untuk mengangkut pasien tersebut. 

“Dengan adanya informasi seperti itu, saya berkoordinasi dengan rekan-rekan dari Ditpolairud Marnit Labuan Bajo yang memiliki speed boat untuk bersama-sama menjemput ibu hamil itu,” ungkap Iptu Wayan. 

Kurang Lebih 1 jam pelayaran, KP Raijua tiba di Pulau Mesa. Tidak menunggu waktu lama ibu hamil tersebut langsung dievakuasi menuju Labuan Bajo dengan didampingi oleh 2 tenaga medis dari Pustu Pulau Mesa dan anggota Polairud. 

“Sekira pukul 01.20 WITA, pasien ibu hamil tersebut tiba di labuan bajo dalam keadaan selamat, selanjutnya langsung dijemput mobil ambulance menuju RSUD Komodo,” pungkasnya. 

“Kami tidak hanya jemput dan bawa pasien ibu hamil ke Labuan Bajo, kami juga antar pasien tersebut ke rumah sakit dan menunggu hingga medis mengambil tindakan,” tuturnya.

Lebih lanjut Iptu Wayan mengatakan tugas pokok Polairud selain melakukan penegakan hukum di wilayah perairan, juga hadir untuk membantu kesulitan masyarakat yang membutuhkan bantuan. 

"Polri bukan saja berfungsi sebagai penegak hukum, namun juga merupakan pelayan masyarakat sehingga tugas-tugas kemanusiaan seperti ini wajib pula dilaksanakan," Ucapnya.

Sementara Kepala Desa Pasir Putih Mustamin menyampaikan terima kasih kepada Polairud Polda NTT dan Satuan Polairud Polres Mabar yang dengan sigap merespon pengaduan masyarakat. 

“Saya sangat mengapresiasi kesigapan Polri yang selalu hadir dalam situasi apapun, baik itu siang maupun malam untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.