Demi Meningkatkan Kemampuan di Bidang Penyidikan, Polres Mabar Gelar Coaching Clinic

Demi Meningkatkan Kemampuan di Bidang Penyidikan, Polres Mabar Gelar Coaching Clinic

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Guna meningkatkan kemampuan personil di Bidang penyelidikan dan penyidikan di Bidang Reskrim, Polres Manggarai Barat (Mabar) menggelar Coaching Clinic Fungsi teknis Reskrim di ruang Vicon Mapolres Mabar, Jumat (24/07).

Kegiatan yang diikuti seluruh personil Satuan Reserse Kriminal Polres Mabar beserta Polsek jajaran Polres Mabar di buka oleh Kasat Reskrim AKP Labartino Sulaban, S.H., S.I.K., didampingi oleh para Kanit Reskrim.

Kegiatan Pembukaan Coaching Clinic Fungsi teknis Reskrim tersebut diawali dengan Pembacaan Laporan singkat Coaching Clinic yang pada intinya kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan visi, misi, pola pikir dan pola tindak bagi penyidik Polres Mabar yang bertindak sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat dan penegakan hukum.

Disisi lain Coaching Clinic tersebut juga bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada seluruh personil fungsi Reskrim agar nantinya dapat dijadikan petunjuk dan pedoman dalam pelaksanaan tugas di lapangan khususnya dalam proses penyidikan.

Kedepannya bahwa dengan adanya kegiatan ini personil yang sudah mengikuti Coaching Clinic Fungsi Reskrim dalam pelaksanaan tugas di lapangan jangan ada lagi kata salah tangkap maupun salah mindik yang berakibat merugikan Institusi Polri khusunya Polres Mabar

Adapun materi Coaching Clinik yang dibawakan oleh pemberi materi adalah Bripka Purnomo Effendi, S.H. dengan memberikan materi tentang penanganan TP TKP tindak pidana Pemilukada, Aipda Risbel Pandiangan, S.I.P atau yang mewakili dengan memberikan materi penanganan kasus tindak pidana Pemilukada, Bripka Yohanes R. Soba, S.H dengan memberikan materi penanganan tentang TP Cyber yg berkaitan dengan Pemilukada dan Aipda Edwyn Everlyn Wathumlawar dengan memberikan materi terkait penanganan BLT serta Aipda I Putu Eka Mairawan, S.IKom dengan memberikan materi terkait penanganan tindak pidana terhadap perempuan dan anak.

Dalam penyampaiannya, Kasat Reskim AKP Labartino Silaban, S.H., S.I.K. mengatakan, dinamika perkembangan kehidupan masyarakat, semakin hari semakin membutuhkan dan menuntut kepolisian untuk dapat menyesuaikan dengan tugas pokok kepolisan itu sendiri, khususnya di bidang kriminal.

“Dengan pelatihan ini diharapkan bisa menjadikan motivasi tersendiri bagi rekan-rekan Kanit Res yang berada di polsek dalam menangani setiap kasus,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, “dengan diadakannya Coaching Clinic ini kami harapkan untuk bisa saling berkoordinasi dan saling melengkapi. Kami tekankan sekali lagi, jika mengalami kendala di lapangan maupun di dalam proses penyidikan agar para rekan-rekan Kanit Reskrim Polsek segera berkoordinasi dengan kami–kami yang di Polres,” tegas Kasat AKP Labartino Silaban, S.H., S.I.K.

Terakhir, Kasat Reskrim Polres Mabar menekankan kepada seluruh personil satuan Reskrim  jajaran Polsek maupun Polres agar menjaga Netralitas dalam Pemilukada Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2020.*[RS]*