Jelang Tahap Pencalonan, Kapolres Mabar Terima Kunjungan Ketua KPU Mabar

Jelang Tahap Pencalonan, Kapolres Mabar Terima Kunjungan Ketua KPU Mabar

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepala Kepolisian (Kapolres) Resor Manggarai Barat, AKBP Christian Kadang, S.I.K. menerima kunjungan resmi dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Barat, Ferdiano Sutarto Parman bersama staf di Mapolres setempat pada Jumat (09/08/2024) siang.

Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat koordinasi antara KPU dan Polres Manggarai Barat terkait persiapan tahapan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh keakraban tersebut, berbagai isu strategis dibahas, termasuk kesiapan aparat keamanan dalam mendukung kelancaran dan keamanan jalannya Pilkada.

Kapolres Mabar, AKBP Christian Kadang, S.I.K. menegaskan komitmennya untuk memastikan setiap tahapan Pilkada berlangsung aman dan tertib.

"Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada 2024 berlangsung. Koordinasi dengan KPU sangat penting untuk memastikan semua berjalan sesuai dengan aturan," kata Kapolres Mabar.

Orang nomor satu di Polres Manggarai Barat itu juga menyampaikan bahwa kepolisian pasti akan selalu bersama penyelenggara dalam setiap kegiatan atau tahapan Pilkada serentak tahun ini.

"Harapan kami, penyelenggara harus tetap menjaga netralitas. Kami akan terus mendampingi penyelenggara dalam setiap tahapan dan kegiatan, termasuk tahapan pencalonan," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Kabupaten Manggarai Barat, Ferdiano Sutarto Parman mengatakan, koordinasi awal ini sangat penting untuk menyampaikan poin-poin umum mengenai tahapan pencalonan yakni jadwal pencalonan dan kegiatan yang akan berlangsung dari pengumuman pendaftaran hingga penetapan pasangan calon, serta peran kepolisian dalam proses ini.

"Kami berharap Kepolisian tidak hanya berjalan bersama penyelenggara dalam tahapan pencalonan, tetapi juga terus membangun koordinasi terkait kegiatan pencalonan itu sendiri secara khusus pada saat pendaftaran nanti yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 sampai dengan 29 Agustus 2024 mendatang," jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut juga dihadiri Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Gregorius J. Otto, Ketua Divisi Hukum Pengawasan, Krispianus Bheda, dan Kasubag Teknis dan Hukum, Benediktus Hibur.**#