Awasi Penggunaan Anggaran Dana Desa, Polsek Komodo Pantau Langsung Pembangunan Jalan Desa

Awasi Penggunaan Anggaran Dana Desa, Polsek Komodo Pantau Langsung Pembangunan Jalan Desa

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Salah satu bentuk peran aktif Bhabinkamtibmas dalam pembangunan desa binaannya adalah dengan cara memantau dan mengawasi penggunaan anggaran dana desa (ADD) yang telah di distribusikan pemerintah untuk kemajuan desa.

Hal ini dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Komodo Polres Manggarai Barat Brigpol Tholif Hartono yang merupakan Bhabinkamtibmas Desa Gorontalo Kecamatan Komodo yang melakukan kegiatan monitoring penyerapan ADD Gorontalo TA. 2020 sebesar Rp 122.519.000,00 berupa pembangunan rabat beton jalan Desa di Dusun 01 Air Kemiri, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

“Sebagai bentuk pencegahan terjadinya penyalahgunaan dana desa kami selalu melaksanakan pengecekan secara langsung ke lapangan. Seperti saat ini kami memantau secara langsung proses pembangunan jalan Desa berupa pengecoran atau pembuatan rabat beton yang berlokasi di Dusun 01 Air Kemiri, Desa Gorontalo,” ungkap Brigpol Tholif Hartono, Kamis (23/07/2020).

Ia menambahkan, pengecekan dan monitoring DD dan ADD ini tidak selesai di sini, tapi akan dilakukan terus sampai semua terlaksana dengan lancar dan masyarakat bisa menikmati hasilnya.

Selain itu ia juga turut serta dalam pembuatan rabat beton tersebut bersama–sama warga binaan mengecor jalan di Dusun 01 Air Kemiri Desa Gorontalo yang bersumber dari anggaran dana desa.

“Kami akan selalu siap memantau dan mengawasi semua kegiatan yang bersumber dari dana desa, dengan harapan anggaran dana desa benar-benar tepat sasaran untuk meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan desa,” ujar Brigpol Tholif Hartono.

“Agar pembangunan tersebut sesuai dengan RAB yang sudah dibuat, jika pembangunan mengambil lahan warga agar di komunikasikan dengan baik dan material yang digunakan harus sesuai dengan spek yang sudah di tentukan serta laporkan jika menemukan kendala dilapangan pada saat proses pembangunan,” tambah Brigpol Tholif Hartono

Selaras dengan apa yang dikatakan Kapolsek Komodo Iptu Firamuddin, S.H. pada setiap arahannya selalu menyampaikan agar personil Bhabinkamtibmas aktif turun ke desa binaannya guna memantau dan mengawasi perkembangan proyek–proyek yang dari Dana Desa baik yang sedang di kerjakan maupun yang akan dikerjakan.

“Saya selalu perintahkan anggota untuk aktif di Desanya memantau dan mengawasi perkembangan proyek–proyek tersebut baik yang sedang maupun yang akan dikerjakan yang bersumber dari Anggaran Dana Desa, sehingga mencegah terjadinya penyimpangan dalam penggunaanya,” pungkas Kapolsek Komodo.*[RS]*